Sumber: Bloomberg | Editor: Dessy Rosalina
New YORK. Pemulihan ekonomi Amerika Serikat (AS) menjadi angin segar bagi pelaku industri. Sayang, tidak demikian bagi Toyota Motor Corp. Sepanjang tahun lalu, merek tersohor asal Jepang ini mengalami penurunan penjualan.
Mengutip riset terbaru IHS Automotive, pangsa pasar Toyota di bumi AS terus menyusut selama enam tahun terakhir. Pemicunya adalah sejumlah kasus kesalahan produk (recall) dan persaingan yang kian ketat.
Catatan IHS, pangsa pasar Toyota di AS sebesar 13,5% di sepanjang tahun 2013. Angka ini menyusut dari posisi 16,3% di tahun 2008 silam. Pada periode sama, konsumen Toyota dicuri oleh Ford Motor Co sebanyak 2,8%. Di akhir tahun 2013, pangsa pasar Ford sebesar 13,2%.
Ford merangkul bekas konsumen Toyota di segmen korporat. Di pasar ritel, minat pasar terhadap Toyota masih tinggi. “Sebelum tahun 2010, imej Toyota sangat kuat. Sekarang mulai pudar,” ujar Tom Libby, Analis IHS, mengutip Bloomberg.