kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

TPG meraup US$ 2,9 miliar di Asia Fund VI


Jumat, 11 April 2014 / 05:05 WIB
TPG meraup US$ 2,9 miliar di Asia Fund VI
Jurnalis?KONTAN Asnil Bambani Amri.


Sumber: Bloomberg | Editor: Sandy Baskoro

HONG KONG. Perusahaan investasi global, TPG Capital, meraih US$ 2,9 miliar untuk Asia Fund VI. TPG sukses meraup dana investasi besar itu, setelah merombak manajemen senior di wilayah Asia demi mempercepat proses penghimpunan dana.

Perusahaan private equity yang berbasis di Fort Worth, Texas, Amerika Serikat ini bakal menyelesaikan tahap ketiga penghimpunan dana pada pekan ini. Menurut sumber, TPG berpotensi meraup US$ 3,5 miliar untuk Asia Fund VI ketika ditutup pada pertengahan Mei tahun ini.

Proses penggalangan dana cukup cepat setelah petinggi TPG Capital pada November tahun lalu menunjuk Tim Dattels sebagai Co-Head of Asia Operations TPG bersama Ben Gray. Dattels menggantikan posisi Stephen Peel, yang kini fokus menangani pasar emerging market di luar Asia.

Peel menyatakan saat itu tidak ingin bertahan untuk Asia Fund VI dan meminta agar posisinya digeser dari manajemen tersebut. Sedangkan Dattels dan Gray pernah kerja bareng di Newbridge Capital LLC, bekas unit TPG Capital di kawasan Asia yang berdiri pada tahun 1994. Lisa Baker, jurubicara TPG menolak mengomentari kabar perombakan manajemen.

Sejatinya, TPG mulai menghimpun dana untuk Asia Fund VI pada awal 2012. Namun manajemen begitu lamban dalam mengumpulkan dana segar untuk Asia Fund VI. Berbeda dengan para pesaingnya seperti KKR & Co dan CVC Capital Partners Ltd yang cukup gesit dalam mencari dana.

Sebagai perbandingan, CVC mulai menghimpun pendanaan pada Juni tahun lalu dan selesai delapan bulan kemudian setelah berhasil meraup US$ 3 miliar, ungkap seorang sumber.

Dana terbaru TPG adalah yang terbesar kedua di Asia. Dana ini telah berinvestasi di tiga perusahaan, antara lain di perusahaan televisi yang berbasis di Hong Kong, Phoenix Satellite Television Holdings Ltd; dan perusahaan properti asal China, Xinyuan Real Estate Co.

Untuk melengkapi portofolionya, pada Februari lalu, TPG menggandeng Shanghai Fosun Pharmaceutical Group Co untuk mengajukan penawaran pembelian Chindex International Inc, perusahaan layanan kesehatan asal AS yang beroperasi di Tiongkok. Valuasi Chindex yang mencatatkan sahamnya di bursa Nasdaq mencapai US$ 369 juta. TPG cukup piawai dalam mengelola investasinya. Semisal, Asia Fund IV yang dihimpun pada 2005, memberikan return tiga kali modal.

Secara umum, portofolio investasi TPG menyebar di sejumlah negara. Di Indonesia, TPG menanamkan investasi di Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) dan BFI Finance Indonesia.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×