kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Trump akan ambil tindakan soal Hong Kong pada minggu ini


Rabu, 27 Mei 2020 / 09:54 WIB
Trump akan ambil tindakan soal Hong Kong pada minggu ini
ILUSTRASI. Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengunjungi distributor peralatan medis Owens & Minor di Allentown, Pennsylvania, Amerika Serikat, Kamis (14/5/2020). REUTERS/Carlos Barria


Sumber: South China Morning Post | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Amerika Serikat berencana untuk meningkatkan tekanan pada Beijing atas langkah-langkah dari pemerintah China untuk mengekang otonomi Hong Kong.

Presiden AS Donald Trump mengatakan kepada wartawan bahwa pemerintahannya akan segera melakukan sesuatu tentang situasi tersebut secepat mungkin.

Baca Juga: Kena notifikasi cek fakta, Trump mengamuk ke Twitter

Sementara para senator AS juga telah mengusulkan RUU yang akan memungkinkan sanksi terhadap siapa pun yang berperan dalam melanggar kewajiban China kepada Hong Kong di bawah 'Deklarasi Bersama [Sino-Inggris] dan Hukum Dasar'.

Termasuk pada bank yang melakukan bisnis dengan mereka.

Dilansir dari South China Morning Post, 'RUU Sanksi untuk Membela Otonomi Hong Kong' adalah karya senator Partai Demokrat Chris Van Hollen dan senator Republik Pat Toomey dan sebagai tanggapan atas campur tangan yang dinilai semakin kurang ajar dari Partai Komunis China.

"Kami sedang melakukan sesuatu sekarang. Saya pikir Anda akan merasa sangat tertatik. Hal ini akan Anda dengar sebelum akhir pekan," kata Trump. 

Proposal RUU tersebut mengikuti undang-undang keamanan nasional baru untuk Hong Kong yang diajukan oleh Beijing pekan lalu yang akan melarang pengkhianatan dan pelanggaran lainnya di kota tersebut.

Baca Juga: Demi Trump, Inggris siap mengasah kapak perang dengan China, Taiwan bisa terseret

Langkah pemerintah China itu disambut dengan kecemasan dan kekhawatiran yang meluas di Hong Kong, sebuah kota yang telah bergolak oleh protes pro-demokrasi besar-besaran serta pandemi coronavirus.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×