kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Trump: China akan melakukan apa saja agar saya kalah dalam Pilpres 2020


Kamis, 30 April 2020 / 09:07 WIB
Trump: China akan melakukan apa saja agar saya kalah dalam Pilpres 2020
ILUSTRASI. Presiden Amerika Serikat Donald Trump. REUTERS/Carlos Barria


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Presiden AS Donald Trump mengatakan pada hari Rabu bahwa dia percaya penanganan virus corona di China adalah bukti bahwa Beijing "akan melakukan apa pun yang mereka bisa" untuk membuatnya kehilangan kesempatan untuk terpilih kembali sebagai presiden AS pada November mendatang.

Dalam sebuah wawancara dengan Reuters di Kantor Oval, Trump mengatakan dia sedang melihat opsi yang berbeda dalam hal konsekuensi bagi China atas virus. "Saya bisa melakukan banyak hal," katanya.

Trump telah menimpakan kesalahan pada China atas pandemi global yang telah menewaskan sedikitnya 60.000 orang di AS menurut penghitungan Reuters, dan melemparkan ekonomi AS ke dalam resesi yang mendalam, membahayakan posisinya untuk kembali menjabat selama empat tahun lagi.

Baca Juga: Kematian tembus 60.000, wabah corona AS akan jadi flu paling mematikan sejak 1967

Trump memang sering dituduh tidak bertindak cukup dini untuk mempersiapkan Amerika Serikat dalam mencegah penyebaran virus. Namun menurutnya, China lah yang seharusnya lebih aktif dalam memberikan informasi kepada dunia tentang virus corona lebih cepat.

Baca Juga: Cegah corona, AS bakal melakukan tes virus ke pelancong dari luar negeri

Saat ditanya apakah ia mempertimbangkan penggunaan tarif atau bahkan penghapusan utang untuk China, Trump tidak memberikan jawaban spesifik. "Ada banyak hal yang bisa saya lakukan," katanya. "Kami mencari tahu dulu apa yang terjadi."

"China akan melakukan apa saja untuk membuat saya kalah dalam pilpres ini," kata Trump. 

Baca Juga: Cari asal-usul corona, AS kembali desak China beri akses ke lab Wuhan

Trump juga yakin, Beijing menginginkan lawannya dari Partai Demokrat, Joe Biden, untuk memenangkan pilpres AS sehingga bisa meredakan tekanan yang diberikan Trump pada China atas perdagangan dan masalah lainnya.




TERBARU

[X]
×