kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45933,60   5,25   0.57%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Trump dirawat di RS militer karena Covid-19, diberi obat antibodi eksperimental


Sabtu, 03 Oktober 2020 / 14:15 WIB
Trump dirawat di RS militer karena Covid-19, diberi obat antibodi eksperimental


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Pejabat Gedung Putih mengatakan, Presiden Amerika Serikat Donald Trump dirawat dengan koktail antibodi eksperimental untuk mengobati Covid-19 dan dipindahkan ke rumahsakit militer sebagai tindakan pencegahan.

Mengutip Reuters, Sabtu (3/10), Dokter presiden, Dr.Sean Conley dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa Trump lelah, tetapi memiliki semangat yang baik setelah menerima dosis intravena dari antibodi ganda Regeneron Pharmaceuticals Inc. 

Trump juga mengonsumsi penguat sistem kekebalan, zinc, vitamin D, aspirin dan obat-obatan generik lainnya.

Trump, 74 tahun berjalan ke helikopter pada Jumat sebelum dipindahkan ke suite khusus di Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed di Bethesda, Maryland selama beberapa hari ke depan.

Baca Juga: Trump positif corona, sejumlah pemimpin negara beri simpati

Obat Regeneron, REGN-COV2, adalah bagian dari kelas obat Covid-19 eksperimental yang dikenal sebagai antibodi monoklonal: salinan buatan antibodi manusia terhadap virus yang sedang dipelajari untuk digunakan pada pasien dengan penyakit awal.

Dokter Trump "harus cukup prihatin dengan apa yang mereka lihat sehingga mereka memutuskan untuk menggunakan obat eksperimental ... Obat eksperimental menurut definisi berisiko," kata Dr. Edward Jones-Lopez, spesialis penyakit menular di Keck School of Medicine of the Universitas California Selatan di Los Angeles seperti dikutip Reuters.

Antibodi adalah protein yang dibuat oleh sistem kekebalan tubuh yang menempel dan menetralkan virus yang menyerang. Koktail Regeneron - yang berisi antibodi yang dibuat oleh perusahaan dan yang kedua diisolasi dari manusia yang pulih dari COVID-19 - dirancang sedemikian rupa sehingga kedua antibodinya mengikat protein lonjakan virus corona, membatasi kemampuan virus untuk menyebar.

"Masalahnya adalah kami tidak memiliki perawatan yang baik untuk orang dengan COVID-19 ringan ... Saya membayangkan mereka melakukan ini karena mereka berharap ini berisiko relatif rendah," kata Dr. Rajesh Gandhi, seorang dokter penyakit menular di Massachusetts. Rumah Sakit Umum di Boston.

Data sejauh ini terbatas untuk antibodi COVID-19, tetapi kepala penyakit menular AS Dr.Anthony Fauci termasuk di antara yang mengatakan bahwa teknologi tersebut menjanjikan.

Regeneron minggu ini melaporkan hasil uji coba yang menunjukkan bahwa obatnya memperbaiki gejala pada pasien Covid-19 yang tidak dirawat di rumah sakit, tanpa efek samping yang serius, dan mengatakan pihaknya berencana untuk berbicara dengan Food and Drug Administration (FDA) tentang otorisasi penggunaan darurat.

Eli Lilly & Co juga telah mengumumkan data awal yang menggembirakan dari uji coba antibodi virus corona, dan mengatakan sedang mencari otorisasi darurat dari FDA.

Baca Juga: Positif corona, Trump dipindahkan ke rumahsakit militer untuk perawatan

Saham Regeneron naik sekitar 3% dalam perdagangan setelah jam kerja, menyusul pengumuman bahwa Trump diberi obat tersebut.

Trump juga menggunakan obat mulas famotidine - sering dijual di AS dengan nama merek Pepcid. Meskipun obat tersebut belum terbukti bekerja melawan Covid-19, para peneliti mempelajarinya sebagai kemungkinan pengobatan.

Zinc dan vitamin D dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Melatonin adalah hormon yang membantu mengatur ritme tubuh sehari-hari. 

Trump pernah mengatakan di masa lalu bahwa dia mengonsumsi aspirin dosis rendah setiap hari, yang direkomendasikan untuk beberapa orang dewasa yang berisiko tinggi terkena serangan jantung atau stroke.

Selanjutnya: Wall Street melemah tajam, gara-gara kabar Trump positif Covid-19




TERBARU

[X]
×