kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Trump gugat hasil pemilu AS, Presiden Meksiko belum beri selamat ke Joe Biden


Minggu, 08 November 2020 / 10:50 WIB
Trump gugat hasil pemilu AS, Presiden Meksiko belum beri selamat ke Joe Biden


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - MEKSIKO CITY. Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador menegaskan bahwa dia tidak akan memberi selamat kepada pemenang pemilihan umum presiden Amerika Serika(AS) sampai gugatan hukum diselesaikan. Hal tersebut merupakan upaya nyata untuk menghindari perselisihan dengan Washington selama masa transisi.

Seperti diketahui, calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden memenangkan pemilu AS setelah meraih kemenangan di negara bagian Pennsylvania yang menjadi medan pertempuran yang membuatnya melampaui ambang 270 suara Electoral College. 

Sejumlah kepala negara juga sudah mengucapkan selamat kepada Biden atas keberhasilannya melengserkan Donald Trump. Namun, Meksiko yang merupakan mitra dagang utama Negeri Paman Sam, dengan nilai perdagangan yang lebih dari US$ 600 miliar per tahun di antara keduanya, memilih untuk menahan diri. 

"Berkenaan dengan pemilihan AS, kami akan menunggu sampai semua masalah hukum diselesaikan," kata Lopez Obrador pada konferensi pers, Sabtu (7/11).

Baca Juga: Menang pemilu presiden AS, Joe Biden beri pidato perdana

"Saya tidak bisa memberi selamat kepada satu calon atau yang lainnya. Saya ingin menunggu sampai proses pemilihan selesai."

Calon presiden dari Partai Republik Donald Trump diketahui telah mengajukan gugatan hukum untuk menantang hasil pemilu ini. Tetapi pejabat pemilihan di negara bagian di seluruh negeri mengatakan tidak ada bukti penipuan yang signifikan, dan para ahli hukum mengatakan upaya Trump tidak mungkin berhasil.

Presiden Meksiko mengaitkan kehati-hatiannya dengan tuduhan penipuannya sendiri dalam dua pemilihan presiden yang dia lawan, pada tahun 2006 dan 2012, sebelum memenangkan pencalonan ketiganya pada tahun 2018.

Keengganannya untuk mengomentari hasil AS bertentangan dengan ucapan selamat yang diberikan kepada mantan Presiden Bolivia Evo Morales tahun lalu meskipun oposisi mengklaim penipuan dalam upaya pemilihan ulang itu.

Para pejabat Meksiko mengatakan keputusan itu lahir dari keinginan untuk tidak memprovokasi Trump saat dia masih berada di Gedung Putih.

"Bolivia tidak memiliki perbatasan 3.000 km dengan Meksiko," kata seorang pejabat tentang kontradiksi yang tampak. "Penting untuk memiliki kedamaian selama beberapa bulan dan hubungan bertetangga yang baik."

Dalam sambutannya, Lopez Obrador menggambarkan keputusan itu "bijaksana secara politis".

Dia menambahkan, bahwa dirinya memiliki hubungan yang baik dengan Trump dan mantan wakil presiden jaman Obama, Biden, yang dia katakan telah dia kenal selama satu dekade.

Baca Juga: Kalahkan Donald Trump, Joe Biden akan jadi Presiden AS ke-46

Dia harus menyesuaikan diri dengan Trump, yang masa jabatannya dijadwalkan berakhir pada 20 Januari. Kepresidenan Biden dapat mengatur ulang hubungan yang telah rusak sejak Trump membuat tawaran Gedung Putih pertamanya, menyebut migran Meksiko sebagai pemerkosa dan pelarian senjata dan bersumpah untuk menjaga mereka keluar dengan tembok pembatas.

Di bawah Trump, Meksiko harus memenuhi tuntutan mendadak untuk menghentikan migrasi ilegal atau menghadapi tarif perdagangan.

Namun, dengan menyetujui perintah migrasi Trump, Lopez Obrador telah menjalin hubungan yang tidak nyaman dari beberapa kenyamanan bersama, di mana Washington sebagian besar menghindari mengkritik kebijakan ekonominya.

"Presiden Trump sangat menghormati kami," katanya. "Dan kami bersyukur dia tidak ikut campur."

Selanjutnya: Nilai dolar AS bisa semakin ambyar setelah Joe Biden menang pilpres!




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×