kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Trump: Kami membuat banyak kemajuan perdagangan dengan China


Sabtu, 21 September 2019 / 04:00 WIB

Trump: Kami membuat banyak kemajuan perdagangan dengan China


KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan, pemerintahannya membuat banyak kemajuan dengan China. Sebab, pembicaraan perdagangan tahap awal berlanjut ke hari kedua dan Washington membebaskan tarif pada lebih dari 400 produk Tiongkok.

Trump yang berbicara kepada wartawan di Gedung Putih usai pertemuan dengan Perdana Menteri Australia Scott Morrison, menyebutkan, AS menerima miliaran dolar dari tarif yang mereka kenakan pada produk-produk China itu. Totalnya, mencapai US$ 100 miliar.

"Saya akan mengatakan ini: kami membuat banyak kemajuan dengan China," kata Trump, Jumat (20/9), seperti dikutip Reuters.

Baca Juga: Jelang perundingan, Trump bebaskan sejumlah barang impor China dari tarif tambahan

Kantor Perwakilan Dagang AS (USTR) mengeluarkan tiga pemberitahuan Daftar Federal yang membebaskan berbagai produk China dari tarif. Ini sebagai tanggapan atas permintaan dari perusahaan-perusahaan AS, yang menilai pungutan tersebut akan menyebabkan kesulitan ekonomi.

Sebanyak 437 produk yang dikecualikan dari tarif tersebut adalah papan sirkuit cetak untuk prosesor grafis komputer hingga kalung anjing, lalu lantai kayu lapis sampai lampu pohon natal.

Para perunding Cina dan AS sedang mengadakan pembicaraan dua hari yang tampaknya akan sangat fokus pada produk pertanian. Negosiasi ini sekaligus meletakkan dasar bagi pembicaraan tingkat tinggi pada awal Oktober nanti, yang akan menentukan, apakah kedua negara berupaya menuju ke solusi atau tarif baru yang lebih tinggi.


Reporter: SS. Kurniawan
Editor: S.S. Kurniawan

Video Pilihan


Close [X]
×