kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45982,91   -7,46   -0.75%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Trump mendukung kesepakatan untuk mengizinkan TikTok beroperasi di Amerika Serikat


Minggu, 20 September 2020 / 06:05 WIB
Trump mendukung kesepakatan untuk mengizinkan TikTok beroperasi di Amerika Serikat
ILUSTRASI. Logo TikTok dan bendera AS


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan ia mendukung kesepakatan yang memungkinkan TikTok terus beroperasi di Amerika Serikat, setelah mengancam akan melarang aplikasi milik China itu pada Agustus lalu.

Mengutip Reuters, Sabtu (19/9), Trump mengatakan kepada wartawan di Gedung Putih bahwa dia mendukung kesepakatan dengan Oracle dan Walmart yang akan membentuk perusahaan baru yang akan menjalankan operasi TikTok di AS.

Trump mengatakan, perusahaan TikTok baru akan sepenuhnya dikendalikan oleh Oracle dan Walmart... "Semua kontrolnya adalah Oracle dan Walmart."

Trump menawarkan dukungan kuat untuk kesepakatan yang katanya akan menciptakan 25.000 pekerjaan AS. "Saya telah memberikan persetujuan, itu berkat saya," kata Trump. 

Baca Juga: TikTok files complaint against Trump administration to try to block U.S. ban

"Saya menyetujui kesepakatan dalam konsep."

Sekitar 100 juta orang Amerika menggunakan TikTok dan pejabat AS telah menyatakan keprihatinan tentang data pengguna dan potensi China untuk mengakses data tersebut.

"Keamanan akan 100%," kata Trump kepada wartawan.

Reuters melaporkan pada hari Kamis bahwa perusahaan baru, yang disebut TikTok Global, akan memiliki mayoritas direktur Amerika, kepala eksekutif AS, dan pakar keamanan di dewan.

Oracle dan Walmart diharapkan untuk mengambil saham yang signifikan dan ByteDance - induk TikTok - telah menyetujui perlindungan keamanan yang signifikan pada data pengguna AS dengan Oracle menampung semua data dan mendapatkan hak untuk memeriksa kode sumber TikTok.

TikTok, Oracle dan Walmart tidak segera berkomentar.

Departemen Perdagangan tidak segera menanggapi pertanyaan pada hari Sabtu tentang apakah akan membatalkan pesanan yang akan berlaku pada Minggu malam yang akan memaksa Google dan Apple Inc Alphabet Inc untuk menawarkan TikTok di toko aplikasi AS mereka.

Trump menyatakan kekesalannya minggu ini karena pengacara pemerintah mengatakan kepadanya bahwa tidak diizinkan untuk meminta "potongan" dari harga jual TikTok untuk Departemen Keuangan.

Dia mengatakan akan ada dana pendidikan AS US$ 5 miliar sebagai bagian dari kesepakatan. "Itu kontribusi mereka yang saya minta," kata Trump.

Dia mengatakan perusahaan baru kemungkinan besar akan didirikan di Texas dan memiliki setidaknya 25.000 karyawan.

Baca Juga: Trump: Tidak perlu tunda kesepakatan untuk IPO TikTok di AS

China masih harus menyetujui kesepakatan itu. "Kami akan melihat apakah itu semua terjadi atau tidak," kata Trump.

Gubernur Texas Greg Abbott sebelumnya mengatakan di Twitter bahwa dia telah berbicara dengan Trump tentang kesepakatan itu. 

"Saya memberi tahu dia bahwa jika dia menyetujui kesepakatan itu, Texas akan menjadi tempat yang tepat untuk markas besar," kata Abbott.

Selanjutnya: Mengalah, TikTok bakal IPO di AS




TERBARU

[X]
×