kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45672,14   1,07   0.16%
  • EMAS916.000 -1,08%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Trump: Pembicaraan dagang dengan China berjalan baik


Sabtu, 02 November 2019 / 09:27 WIB
Trump: Pembicaraan dagang dengan China berjalan baik
ILUSTRASI. U.S. President Donald Trump makes a statement at the White House following reports that U.S. forces attacked Islamic State leader Abu Bakr al-Baghdadi in northern Syria, in Washington, U.S., October 27, 2019. REUTERS/Jim Bourg

Sumber: Reuters | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID -  WASHINGTON. Optimisme tercapainya kesepakatan untuk mengakhiri perang dagang antara Amerika Serikat dan China kembali menyeruak.

Dilansir dari Reuters, pada hari Jumat waktu AS, Presiden Amerika Donald Trump mengatakan bahwa pembicaraan tentang perjanjian perdagangan dengan China berjalan dengan baik.

Baca Juga: Perseteruan AS-China bukan semata-mata karena perdagangan, melainkan rivalitas

Pernyataan Trump ini menguatkan komentar dari sejumlah pejabat kedua negara tentang kemajuan pada kesepakatan awal dalam perundingan perjanjian dagang.

Pejabat pemerintahan Trump menyatakan perundingan dagang dengan China mencatat kemajuan yang baik dan AS berniat untuk menandatangani kesepakatan awal pada bulan ini.

Sementara Media pemerintah Beijing Xinhua News Agency mengatakan kedua negara yang terlibat perang dagang ini telah mencapai konsensus tentang hal-hal yang bersifat prinsip, selama pembicaraan via telepon antara negosiator perdagangan utama mereka pada Jumat (1/11).

Dalam sebuah pernyataan, United State Trade Representative (USTR) mengatakan, Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin membuat kemajuan dalam berbagai masalah selama perundingan via telepon dengan Wakil Perdana Menteri China Liu He dan sedang berupaya menyelesaikan masalah-masalah luar biasa.

Selanjutnya, diskusi akan berlanjut pada tingkat wakil. 

Baca Juga: Pejabat pemerintah di berbagai negara jadi target aksi peretasan melalui WhatsApp

Dalam dua wawancara terpisah, Kudlow dan Menteri Perdagangan Wilbur Ross berbicara dengan nada optimis tentang penyelesaian perjanjian. "Saya cukup optimistis," kata Kudlow kepada Fox Business Network.

"Kesepakatan itu belum selesai, tetapi kami membuat kemajuan besar. Saya melihatnya dari sisi optimistis," imbuhnya.



TERBARU

[X]
×