kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Trump: WTO beri lampu hijau AS terapkan tarif ke Eropa, kemenangan yang menyenangkan


Kamis, 03 Oktober 2019 / 17:25 WIB

Trump: WTO beri lampu hijau AS terapkan tarif ke Eropa, kemenangan yang menyenangkan
ILUSTRASI. Presiden AS Donald Trump bersama Presiden Prancis Emmanuel Macron


KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyebut "kemenangan yang menyenangkan", setelah Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) memberi Washington lampu hijau untuk memberlakukan tarif atas barang-barang Uni Eropa senilai US$ 7,5 miliar per tahun sebagai hukuman atas subsidi pesawat terbang secara ilegal.

"AS memenangkan penghargaan US$ 7,5 Miliar dari Organisasi Perdagangan Dunia melawan Uni Eropa, yang selama bertahun-tahun memperlakukan AS dengan sangat buruk pada Perdagangan karena Tarif, Hambatan Perdagangan, dan banyak lagi. Kasus ini berlangsung selama bertahun-tahun, kemenangan yang menyenangkan!" kicau Trump di akun Twitter-nya, Kamis (3/10), seperti dikutip Reuters.

Pasca mendapat lampu hijau, Pemerintahan Trump memberlakukan tarif 25% untuk anggur Prancis, keju Italia, dan wiski single-malt Skotlandia. Tapi, kebijakan ini tidak berlaku untuk anggur, pasta, dan minyak zaitun Italia. Langkah ini sebagai aksi pembalasan atas subsidi Uni Eropa pada pesawat besar.

Baca Juga: Perang dagang AS ala Trump meluas hingga ke Uni Eropa

Melansir Reuters, Kantor Perwakilan Dagang AS merilis daftar ratusan produk Eropa yang akan kena tarif baru, termasuk kue, daging asap, mentega, dan yogurt. Hanya dalam banyak kasus, tarif ini hanya berlaku pada beberapa negara Uni Eropa saja, termasuk suku cadang kamera dan selimut dari Jerman yang diproduksi di Inggris.

Daftar ini juga termasuk sweater, pullover, barang kasmir, dan pakaian wol buatan Inggris, serta minyak zaitun dari Prancis dan Spanyol, sosis babi produksi Uni Eropa dan produk daging babi lainnya selain ham, serta kopi asal Jerman.


Reporter: SS. Kurniawan
Editor: S.S. Kurniawan

Video Pilihan


Close [X]
×