kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Turun lagi, vaksin AstraZeneca 76% efektif dalam analisis baru uji coba di AS


Kamis, 25 Maret 2021 / 10:25 WIB
Turun lagi, vaksin AstraZeneca 76% efektif dalam analisis baru uji coba di AS
ILUSTRASI. Vaksin Covid-19 yang dikembangkan Oxford/AstraZeneca


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - LONDON. AstraZeneca mengatakan vaksin Covid-19 yang dikembangkannya memiliki efektivitas 76% untuk mencegah virus corona dengan gejala. Hal ini terkuak dalam analisis baru yang uji coba dilakukan di Amerika Serikat (AS).

Tingkat efektivitas yang dari vaksin ini pun sedikit lebih rendah dari tingkat yang diumumkan pada awal pekan ini, dalam laporan yang dikritik karena menggunakan informasi usang.

Pejabat kesehatan AS secara terbuka menegur pembuat obat itu karena tidak menggunakan informasi paling mutakhir ketika menerbitkan analisis. Asal tahu saja, pada Senin (22/3), AstraZeneca mengatakan, vaksin itu 79% efektif.

Data terbaru didasarkan pada 190 infeksi di antara lebih dari 32.400 peserta yang berada di AS, Chili, dan Peru. Sementara, data sebelumnya didasarkan pada 141 infeksi yang terjadi hingga 17 Februari.

"Analisis utama konsisten dengan analisis sementara kami yang dirilis sebelumnya, dan menegaskan bahwa vaksin Covid-19 kami sangat efektif pada orang dewasa," kata Mene Pangalos, wakil presiden eksekutif Litbang BioPharm Pharmaceuticals AstraZeneca dalam sebuah pernyataan yang dikutip Reuters.

AstraZeneca mengatakan, pihaknya berencana untuk mencari otorisasi penggunaan darurat AS dalam beberapa minggu mendatang dan data terbaru telah disajikan kepada komite pengawas uji coba independen, Badan Pemantauan Keamanan Data.

AstraZeneca menegaskan pada hari Kamis bahwa suntikan, yang dikembangkan bersama Universitas Oxford, 100% efektif melawan bentuk penyakit yang parah atau kritis. Ia juga mengatakan vaksin tersebut menunjukkan kemanjuran 85% pada orang dewasa 65 tahun ke atas.

Baca Juga: Ini penyebab Hong Kong dan Makau tangguhkan penggunaan vaksin corona Pfizer-BioNTech

"Banyak dari kita menunggu studi Fase III yang besar, dibangun dengan baik dan dilaporkan ini," kata Paul Griffin, seorang profesor di Universitas Queensland.

"Ini tampaknya menjadi vaksin yang sangat efektif tanpa masalah keamanan. Mudah-mudahan, sekarang ini memberi kepercayaan kepada orang-orang bahwa vaksin ini adalah yang tepat untuk terus digunakan ke depan," katanya, seraya menambahkan bahwa dia dan orang tuanya telah mendapatkan suntikan untuk vaksin ini.

Tingkat kemanjuran 76% yang diperbarui dibandingkan dengan tingkat sekitar 95% untuk vaksin dari Pfizer / BioNTech dan Moderna.

Vaksin AstraZeneca, bagaimanapun, dipandang penting dalam mengatasi penyebaran COVID-19 di seluruh dunia, bukan hanya karena pasokan vaksin yang terbatas tetapi juga karena lebih mudah dan lebih murah untuk diangkut daripada vaksin lainnya. Vaksin milik AstraZeneca ini telah diberikan izin pemasaran bersyarat atau penggunaan darurat di lebih dari 70 negara.

Teguran yang sangat tidak biasa dari otoritas kesehatan AS telah menandai kemunduran baru untuk vaksin yang pernah dipuji sebagai tonggak dalam perang melawan pandemi Covid-19, tetapi telah dirundung oleh pertanyaan tentang keefektifan dan kemungkinan efek sampingnya.

Suntikan itu menghadapi pertanyaan sejak akhir tahun lalu ketika pembuat obat dan Universitas Oxford menerbitkan data dari percobaan sebelumnya dengan dua pembacaan kemanjuran yang berbeda sebagai akibat dari kesalahan dosis.

Kemudian bulan ini, lebih dari selusin negara memilih untuk menangguhkan sementara pemberian vaksin setelah laporan mengaitkannya dengan gangguan pembekuan darah yang langka pada sejumlah kecil orang yang mendapatkan suntikan vaksin AstraZeneca.

Regulator obat Uni Eropa mengatakan minggu lalu vaksin itu jelas aman, tetapi orang Eropa tetap skeptis tentang keamanannya.

Selanjutnya: Sinovac klaim sebut vaksin Covid-19 miliknya aman untuk anak berusia 3 tahun




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×