kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

UEA klaim vaksin corona dari Sinopharm 86% ampuh cegah Covid-19


Kamis, 10 Desember 2020 / 08:21 WIB
UEA klaim vaksin corona dari Sinopharm 86% ampuh cegah Covid-19
ILUSTRASI. ilustrasi. UEA klaim vaksin corona dari Sinopharm 86% ampuh cegah Covid-19. Hendrik Schmidt/Pool via REUTERS


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Abu Dhabi. Uni Emirat Arab ( UEA) secara resmi mendaftarkan vaksin corona yang diproduksi oleh raksasa obat China Sinopharm, pada Rabu (9/12/2020). Melansir AFP, vaksin buatan perusahaan asal ‘Negeri Panda’ itu dikatakan 86 persen efektif menurut analisis uji coba fase ketiga.

“Kementerian kesehatan telah mengumumkan pendaftaran resmi dari vaksin tersebut,” seperti diberitakan kantor berita negara WAM. Namun pemberitaan itu tidak menjelaskan bagaimana vaksin corona itu akan digunakan kemudian.

Vaksin corona tersebut telah menjalani uji coba fase ketiga di UEA sejak Juli. Penggunaan daruratnya sudah disetujui untuk petugas kesehatan pada bulan September. "Pengumuman tersebut merupakan mosi percaya yang signifikan dari otoritas kesehatan UEA dalam keamanan dan kemanjuran vaksin ini," ungkap WAM.

Lebih lanjut, laporan tersebut menyatakan bahwa pejabat kesehatan UEA telah meninjau analisis sementara Sinopharm dari uji coba fase ketiga yang menunjukkan 86 persen efektif melawan virus corona.

Baca juga: Katalog promo KJSM Hari Hari Swalayan 10 Desember, melimpah tawaran gratis 1 produk

Analisis tersebut juga menunjukkan vaksin corona tersebut memiliki tingkat serokonversi atau perkembangan antibodi sebanyak 99 persen dari antibodi penawar dan efektivitas 100 persen dalam mencegah kasus penyakit sedang dan parah. "Selain itu, analisis tidak menunjukkan masalah keamanan yang serius."

China memiliki empat produk vaksin dalam tahap akhir pengembangan, tiga di antaranya termasuk Sinopharm. Vaksin corona ini menggunakan bentuk virus corona baru yang tidak aktif untuk meningkatkan kekebalan. Itu artinya vaksin corona hanya perlu didinginkan dan dapat dengan mudah didistribusikan.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×