kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Undang Zelenskiy ke Jepang, Negara G7 Mendukung Perlawanan Ukraina Melawan Rusia


Minggu, 21 Mei 2023 / 05:44 WIB
Undang Zelenskiy ke Jepang, Negara G7 Mendukung Perlawanan Ukraina Melawan Rusia
ILUSTRASI. Zelenskiy akan menerima sambutan sebagai pahlawan pada hari penutupan KTT G7 yang digelar di Hiroshima, Jepang. / Pool via REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - HIROSHIMA. Amerika Serikat dan negara-negara anggota G7 akan menutup pertemuan kelompok G7 pada Minggu (21/5), yang berfokus pada melemahkan Rusia dan mengelola China dengan unjuk kekuatan di belakang Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy.

Mengutip Reuters, Minggu (21/5), Zelenskiy akan menerima sambutan sebagai pahlawan pada hari penutupan KTT G7 yang diselenggarakan di Hiroshima, Jepang, di mana para pemimpin memperdebatkan bagaimana menanggapi konflik yang diperkirakan akan meningkat setelah hampir 15 bulan pertempuran.

Negara-negara Barat menggunakan acara tersebut untuk mengumumkan sanksi baru terhadap Moskow dan berjanji untuk menambah lebih banyak senjata, bantuan militer, dan uang tunai ke dalam pertempuran Ukraina melawan Rusia.

Tetapi mereka berencana untuk mengarahkan tembakan paling retoris ke China, sekutu Rusia yang paling kuat di Asia. 

Baca Juga: Bertemu PM Kishida, Presiden Jokowi Minta Perundingan IJEPA Selesai di September 2023

Secara implisit langkah ini dilakukan untuk memperingatkan Presiden China Xi Jinping bahwa segala upaya untuk menggertak mereka atau mengubah status quo di Taiwan atau Laut China Selatan yang disengketakan, dengan tekad yang sama seperti upaya Rusia untuk menarik kembali perbatasan Ukraina.

"China yang tumbuh yang bermain dengan aturan internasional akan menjadi kepentingan global," kata para pemimpin dalam sebuah komunike yang memasukkan beberapa bahasa terberat mereka sebagai sebuah kelompok terkait Beijing.

Pada hari Minggu, Jepang dan Korea Selatan akan menyoroti peningkatan hubungan mereka dengan pertemuan bersama.

Sementara itu, Zelenskiy akan memberi pengarahan kepada para pemimpin tentang apa yang dibutuhkan Kyiv untuk serangan yang meningkat terhadap Moskow yang menurutnya akan menciptakan kondisi untuk penyelesaian konflik.

Pada hari Sabtu, kepala tentara bayaran Rusia Yevgeny Prigozhin mengklaim para pejuang Wagnernya telah menyelesaikan penangkapan Bakhmut di Ukraina timur, tetapi Kyiv menolak klaim tersebut dan mengatakan pertempuran masih berlanjut di sana. 

Bakhmut telah menjadi fokus pertempuran terpanjang dan paling berdarah dari perang Rusia di Ukraina.

Presiden AS Joe Biden pada hari Jumat mendukung pelatihan pilot Ukraina pada jet tempur F-16 untuk pertama kalinya ketika para pemimpin mengumumkan sanksi baru terhadap Rusia.

Menurut seorang pejabat AS, Biden juga berencana untuk meluncurkan paket bantuan militer senilai US$ 375 juta untuk Ukraina di Jepang. Pejabat itu, yang berbicara tanpa menyebut nama, mengatakan paket itu akan mencakup artileri, amunisi, dan peluncur roket HIMARS.

Tetapi Zelenskiy telah mendorong negara-negara tersebut untuk melangkah lebih jauh dalam hal ekonomi dan militer.

"Pertemuan penting dengan mitra dan sahabat Ukraina," kata Zelenskiy di Twitter saat dia tiba di Hiroshima. 

"Keamanan dan kerja sama yang ditingkatkan untuk kemenangan kita. Perdamaian akan semakin dekat hari ini."

Jepang meminta kehadiran Zelenskiy secara langsung, dan perjalanannya yang memutar sejauh 9.000 km (5.600 mil) dari Arab Saudi dengan pesawat Prancis menghindari wilayah udara Rusia.

Baca Juga: Para Menteri G7 Peringatkan Soal Ketidakpastian Ekonomi yang Meningkat

Mengenakan seragam hijau zaitunnya, Zelenskiy keluar dari pesawat pemerintah Prancis pada Sabtu sore dan bergerak cepat ke mobil yang menunggu, menurut rekaman dari penyiar Jepang.

Selama beberapa jam pada hari Sabtu, Zelenskiy telah mendapat sambutan hangat dalam pertemuan dengan Perdana Menteri India Narendra Modi, Presiden Prancis Emmanuel Macron, dan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak.

Di Jepang, perjuangan negara kecil Eropa melawan tetangganya yang jauh lebih besar telah menjadi sangat penting bagi negara yang merasa terancam oleh China, negara terbesar di Asia dan mitra dagang terbesar Jepang.

Zelenskiy akan mengadakan sesi pertemuan pada hari Minggu dengan semua anggota G7 - Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Inggris, Prancis, Italia, dan Kanada - sebelum sesi yang lebih luas dengan negara undangan lainnya.

Negara-negara Global Selatan, termasuk Brasil dan India, diundang untuk membantu membina hubungan dengan negara-negara yang berusaha menghindari mengambil sikap berisiko dalam konflik antara kekuatan yang lebih besar, termasuk Amerika Serikat dan China, atau mencari hubungan hangat dengan Rusia.

Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva mengatakan kepada Macron bahwa dia akan berbicara dengan Zelenskiy saat berada di Hiroshima, kata sumber kepresidenan Prancis kepada wartawan, di tengah spekulasi bahwa Lula mungkin melewatkan pertemuan semacam itu.

Zelenskiy datang ke G7 langsung dari Arab Saudi di mana dia menghadiri pertemuan Liga Arab, kelompok lain yang mencakup negara-negara yang berusaha untuk secara hati-hati mengarahkan konflik kekuatan besar.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×