kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Uni Eropa kucurkan Rp 3,5 triliun ke Indonesia, ini peruntukkannya


Jumat, 18 September 2020 / 06:25 WIB
Uni Eropa kucurkan Rp 3,5 triliun ke Indonesia, ini peruntukkannya
ILUSTRASI. Uni Eropa kucurkan Rp 3,5 triliun ke Indonesia, ini peruntukkannya


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Indonesia mendapat perhatian baik dari Uni Eropa dan negara anggotanya dalam menangani pandemi corona.  Uni Eropa (UE) dan negara anggotanya telah meluncurkan paket "Tim Eropa" untuk membantu Indonesia dalam menghadapi pandemi virus corona, dengan total nilai anggaran sebesar 200 juta euro (Rp 3,5 triliun).

Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Piket, mengatakan donasi tersebut memiliki banyak tujuan dan manfaat, mulai dari memasok peralatan perlindungan (APD), hingga investasi untuk memperkuat sektor kesehatan. Berdasarkan data yang tercatat, berikut sebagian bantuan yang diberikan oleh negara-negara bagian UE kepada Indonesia dalam menanggulangi pandemi virus corona.

Swedia, menyumbangan masker, pakaian, dan kebutuhan lainnya untuk rumah sakit dan perawatan pekerja kesehatan. Belgia, menyumbangkan hand sanitizer, vitamin, dan bahan dasar makanan untuk kebutuhan anak.

Kroasia, menyumbangkan persediaan peralatan kebersihan, makanan untuk rumah sakit dan orang yang membutuhkan. Polandia, memberikan bantuan dana sebesar 10.000 euro (Rp 174,97 juta) untuk peralatan perlindungan anti Covid-19 di klinik di pulau Timor, Nusa Tenggara Timur.

Baca juga: Resep odading khas Bandung, camilan yang sedang viral, gampang dijamin antigagal

“ Pandemi virus corona adalah guncangan sosial dan ekonomi paling mendadak dan terbesar dari generasi kita, yang memengaruhi semua masyarakat secara global. Sebagai 'Tim Eropa', UE dan negara anggotanya bertekad untuk bekerja sama dengan Indonesia menghadapi krisis," ujar Piket dalam konferensi press virtual pada Kamis (17/9/2020).

Ke depan, kerja sama dengan Indonesia akan termasuk inovasi metode untuk membiayai transisi ekonomi hijau, pembangunan perkotaan dan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan.

"Melalui upaya bersama, kita dapat mengatasi krisis kesehatan dan memastikan pemulihan (ekonomi) yang hijau (ramah lingkungan) dan berkelanjutan," kata Piket.

Kemitraan yang telah berlangsung selama lebih dari 40 tahun, UE dan Indonesia membuat kemajuan besar dalam menangani masalah prioritas bersama dan tantangan global, di antaranya mengatasi krisis kesehatan saat ini dan mengatasi perubahan iklim.

EU dan Kerja sama Negara Anggota UE dengan Indonesia mendukung pertumbuhan ekonomi, sistem kesehatan, pendidikan, sosial inklusi, dan perlindungan lingkungan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Uni Eropa Anggarkan Bantuan Dana ke Indonesia Total Rp 3,5 Triliun untuk Atasi Virus Corona",


Penulis : Shintaloka Pradita Sicca
Editor : Shintaloka Pradita Sicca

Selanjutnya: Lelang rumah murah sitaan bank di Bekasi hanya Rp 145 juta, ini syaratnya




TERBARU

[X]
×