kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Uni Eropa: Omicron bisa menjadi varian dominan di Eropa bulan depan


Rabu, 15 Desember 2021 / 21:35 WIB
Uni Eropa: Omicron bisa menjadi varian dominan di Eropa bulan depan
ILUSTRASI. Pengunjung mengenakan masker pelindung di tengah pandemi Covid-19 di bazar Natal di Taman Tuileries, Paris, Prancis, Sabtu (27/11/2021). Omicron bisa menjadi varian dominan di Eropa bulan depan. REUTERS/Gonzalo Fuentes.


Sumber: Channel News Asia | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - STRASBOURG. Ketua Uni Eropa (UE) Ursula von der Leyen pada Rabu (15/12) memperingatkan, varian Omicron bisa menjadi dominan di Eropa bulan depan, tetapi blok 27 negara itu memiliki cukup vaksin untuk memerangi pandemi.

“Jika Anda melihat waktu yang dibutuhkan untuk kasus baru berlipat ganda, tampaknya menjadi dua kali lipat setiap dua atau tiga hari. Dan itu sangat besar," katanya, seperti dikutip Channel News Asia. 

"Kami diberitahu bahwa pada pertengahan Januari (tahun depan), kami memperkirakan, Omicron menjadi yang varian baru yang dominan di Eropa," ujar von der Leyen kepada Parlemen Eropa, menunjuk pada data ilmiah.

"Tetapi, selama setahun terakhir, kami telah bekerja keras dan kami telah mencapai banyak hal, dan itulah mengapa Eropa sekarang berada dalam posisi yang lebih baik untuk memerangi virus," imbuh dia.

Baca Juga: Penyebaran kian meluas, varian Omicron sudah terdeteksi di 77 negara

Omicron mungkin ada di sebagian besar negara

Von der Leyen bersikeras, ada "dosis vaksin yang cukup untuk setiap orang Eropa sekarang", ketika negara-negara UE mendorong untuk memberikan suntikan booster untuk memerangi varian Omicron yang menyebar dengan cepat.

"Kami sekarang dalam posisi untuk memproduksi 300 juta dosis vaksin per bulan di sini, di Eropa," ungkapnya.

"Kami memiliki kontrak yang memastikan bahwa kami akan menerima vaksin setelah mereka beradaptasi dengan varian baru sesegera mungkin. Dan, kami diberitahu, itu akan memakan waktu sekitar 100 hari untuk mengadaptasi vaksin yang kami miliki," sebut dia.

Sejauh ini, 66,6% populasi UE telah mendapat dua dosis vaksin Covid-19 dan 62 juta telah menerima suntikan booster.

Baca Juga: Kasus mingguan Covid-19 global turun, walau penyebaran varian Omicron meluas




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×