CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.002,38   -13,63   -1.34%
  • EMAS973.000 0,21%
  • RD.SAHAM -1.86%
  • RD.CAMPURAN -0.70%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Update Corona, Korea Utara Resmi Akui Kasus Covid-19, Kim Jong Un Pakai Masker


Sabtu, 14 Mei 2022 / 06:17 WIB
Update Corona, Korea Utara Resmi Akui Kasus Covid-19, Kim Jong Un Pakai Masker
ILUSTRASI. Update Corona, Korea Utara Resmi Akui Kasus Covid-19, Kim Jong Un Pakai Masker


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Pyongyang. Pemerintah Korea Utara akhirnya melakukan update kasus Corona. Untuk pertama kali, Korea Utara mengonfirmasi telah menemukan kasus infeksi virus corona atau Covid-19 di wilayah negaranya.

Update kasus corona di Korea Utara ini memaksa sang presiden dan pemimpin tertinggi, Kim Jong Un memakai masker untuk pertama kali.

Kasus pertama di negara dengan paham Komunis ini baru muncul setelah kurang lebih 2,5 tahun pandemi melanda mayoritas negara di dunia sejak awal 2020. Sebelumnya, mereka mengklaim negaranya terbebas dari infeksi Covid-19 dan tidak ada satu pun kasus infeksi di tengah masyarakatnya.

Dilansir dari South China Morning Post, Jumat (13/5/2022), pemerintah Korea Utara melalui agen berita resmi mereka KCNA, mengumumkan kasus Covid-19 pertama negara itu pada Jumat (13/5/2022). Tidak diketahui secara pasti ada berapa orang yang sudah terkonfirmasi positif.

Namun, ada 6 orang yang mengalami demam meninggal, salah satunya sudah terkonfirmasi Covid-19 dengan virus varian Omicron. Sementara itu, 350.000 orang lainnya diketahui sakit dan mengidap gejala demam.

Lebih lanjut, 187.800 di antaranya kini dirawat di ruang isolasi setelah demam yang tidak diketahui asalnya itu merebak di Korea Utara sejak April lalu. Kasus-kasus demam itu sebagian besar ditemukan di Kota Pyongyang, ibu kota Korea Utara.

Baca Juga: Korea Utara Temukan kasus Covid-19 Pertama, Perintahkan Penguncian Darurat

Seorang pengamat dari Sejong Institute Korea Selatan, Cheong Seong-Chang, mengatakan parade militer yang diadakan di ibu kota Korea Utara, Pyongyang, pada 25 April lalu mungkin telah menjadi pintu masuk bagi varian Omicron ke negara yang telah menutup perbatasannya sejak 2020 itu.

Pada parade itu, ada 12.000 anggota militer dan kerumunan dalam jumlah yang massif. Padahal di saat yang bersamaan, virus corona tengah merebak luas di negara tetangga Korea Utara, China.

Lockdown

Berdasarkan pemberitaan AP News, Kamis (12/5/2022), atas kondisi yang terjadi saat ini, Presiden Korea Utara Kim Jong-un menginstruksikan agar diberlakukan penguncian atau lockdown secara nasional untuk mengendalikan wabah. Setelah selama ini mengklaim negaranya tidak memiliki satu pun kasus Covid-19, adanya kasus konfirmasi ini membuat Kim Jong-un terpaksa tampil di hadapan publik dengan menggunakan masker.

Hal ini, adalah pertama kalinya terjadi sejak pandemi bermula. Kondisi Korea Utara yang tertutup dan menolak segala bentuk bantuan internasional dinilai akan menyulitkan negara ini dalam menghadapi pertarungan melawan Covid-19.

Terlebih, mereka juga kekurangan sumber daya medis dan sebagian besar masyarakatnya belum divaksinasi. Apabila negara ini gagal memperlambat laju infeksi, krisis besar bisa saja terjadi di negara yang dijuluki sebagai Hermit Kingdom tersebut.

Demikian informasi update kasus corona di Korea Utara. Semoga pandemi corona segera usai.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ketika Korea Utara Akhirnya Konfirmasi Kasus Covid-19 Pertama Mereka...",


Penulis : Luthfia Ayu Azanella
Editor : Inten Esti Pratiwi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×