Bisnis

Usai Taklukkan Jerman 1-2, Saham Perusahaan Olahraga dan Hiburan di Jepang Melonjak

Kamis, 24 November 2022 | 14:17 WIB   Reporter: Diki Mardiansyah
Usai Taklukkan Jerman 1-2, Saham Perusahaan Olahraga dan Hiburan di Jepang Melonjak

ILUSTRASI. Efek Piala Dunia, saham beberapa perusahaan olahraga dan hiburan di Tokyo melonjak naik. REUTERS/Kim Kyung-Hoon/File Photo

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Kemenangan mengejutkan ditorehkan oleh Jepang saat menaklukkan negara dengan peraih 4 kali juara dunia, Jerman 1-2 di Piala Dunia Qatar 2022, Rabu (23/11). Usai kemenangan mengejutkan itu, saham beberapa perusahaan olahraga dan hiburan di Tokyo melonjak naik.

Seperti dilansir Bloomberg pada Kamis (23/11), CyberAgent Inc sebuah perusahaan yang menyiarkan semua game secara gratis di Jepang pada layanan streaming Abema-nya, melonjak 6,9%, tertinggi sejak 28 April. Konami Group Corp sebuah perusahaan yang membuat videogame terkait sepak bola, juga melonjak 1,8% lebih tinggi.

"Piala dunia Qatar menambah kemewahan pasar (saham) menjelang akhir tahun ini dan pasar saham juga menyambutnya,” kata Shoichi Arisawa, manajer umum di Iwai Cosmo Securities Co.

Baca Juga: Mau Nobar Piala Dunia 2022? Simak Dulu Aturan PPKM Jawa-Bali hingga 5 Desember

Pembuat barang olahraga Mizuno Corp juga mengalami kenaikan saham sebesar 5,8%, sementara operator rantai pub kecil Hub Co melonjak 11%.

Brewery dan sponsor tim Jepang Kirin Holdings Co serta penyiar nasional Fuji Media Holdings Inc saham mengamani kenaikan tipis. Benchmark Topix juga naik lebih dari 1% karena Tokyo dibuka kembali setelah liburan.

Sementara itu, beberapa penduduk setempat tampaknya berharap negara itu akan mengikuti langkah Arab Saudi untuk mengumumkan hari libur setelah negara Timur Tengah itu mengalahkan Argentina dengan skor 1-2.

Baca Juga: Alasan Gojek Tokopedia (GOTO) Jadi Sponsor Siaran Piala Dunia 2022 di Indonesia

"Ini harus menjadi hari libur nasional" menjadi tren di antara tweet yang berbahasa Jepang.

Pertandingan Jepang di babak penyisihan grup berikutnya akan melawan Kosta Rika pada hari Minggu (27/11).

Selanjutnya: Kemenaker Dorong Dialog Bipartit Antara Pengusaha dan Pekerja untuk Hindari PHK

Editor: Handoyo .

Terbaru