kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Verizon melamar Yahoo senilai US$ 3 miliar


Rabu, 08 Juni 2016 / 06:05 WIB
Verizon melamar Yahoo senilai US$ 3 miliar


Reporter: Dessy Rosalina | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

SAN FRANCISCO. Ambisi Verizon Communications Inc memiliki aset internet Yahoo Inc memasuki babak baru. Sumber Wall Street Journal berbisik, Verizon memasukkan harga penawaran sebesar US$ 3 miliar terhadap Yahoo.

Verizon memasukkan harga akuisisi itu pada batas akhir penawaran akuisisi tahap kedua, Senin (6/6). Hingga saat ini, Verizon disebu-sebut sebagai calon pembeli dengan peluang paling besar untuk mengempit aset Yahoo.

"Yahoo akan mengadakan satu tahap penawaran lagi dan harga akusisi tentu bisa berubah di tahap final," ujar sumber Wall Street Journal tersebut, Selasa (7/6).

Selain harga akuisisi yang semakin terang, Verizon memberikan sinyal tidak akan membeli sejumlah aset non inti Yahoo. Sebut saja aset properti, paten dan aset lain yang berpotensi masuk dalam perjanjian jual beli.

Pekan lalu, Yahoo menyatakan tengah mengkaji penjualan aset non inti untuk mendongkrak harga akuisisi. Nilai aset non inti atau di luar internet diperkirakan mencapai US$ 1 miliar.

Tapi, peluang Verizon menguasai Yahoo tidaklah 100%. Kabar beredar, perusahaan investasi TPG juga ikut mengikuti tender akuisisi tahap dua dan telah memasukkan harga akuisisi. Sementara, nasib sejumlah investor lain yang ikut penawaran tahap pertama masih samar.

Selain Verizon, ada YP Holdings LLC, Vista Equity Partners LLC dan Warren Buffett yang berminat meminang Yahoo.

Minat susut

Sumber Wall Street Journal lain mengatakan, minat beli beberapa calon investor susut setelah menghadiri presentasi yang diadakan oleh CEO Yahoo Marissa Mayer. "Saat itu terungkap bahwa bisnis iklan online masih tren turun," jelas sumber tersebut.

Yang jelas, harga penawaran Verizon lebih rendah dari keinginan Yahoo. Hingga saat ini, Yahoo masih mematok harga jual bisnis internet senilai US$ 4 miliar hingga US$ 8 miliar. Tapi, harga akuisisi Verizon dikabarkan bisa berubah.

Syaratnya, Yahoo mengkaver ongkos yang diperlukan untuk pembayaran pesangon karyawan sebagai dampak dari akuisisi. Rencananya, Verizon bakal menggabungkan kekuatan Yahoo dengan AOL Inc yang diakuisisi empat tahun lalu senilai US$ 4,4 miliar.

Akuisisi juga bisa mendongkrak layanan video streaming go90. Dengan jumlah pengguna lebih dari 1 miliar, Yahoo merupakan aset berharga untuk digabung dengan pengguna AOL yang mencapai 2 juta, dan pelanggan Verizon 112 juta orang sehingga bisa bersaing dengan YouTube dan Facebook.




TERBARU

[X]
×