kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Veteran Perang Suriah Menyatakan Siap Membantu Pasukan Rusia di Ukraina


Senin, 21 Maret 2022 / 13:14 WIB
Veteran Perang Suriah Menyatakan Siap Membantu Pasukan Rusia di Ukraina
ILUSTRASI. Seorang tentara Suriah mengibarkan bendera Rusia dan Suriah selama protes terhadap serangan udara di Damaskus, Suriah, 14 April 2018. REUTERS/ Omar Sanadiki


Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - DAMASKUS. Sejumlah veteran perang Suriah menyatakan siap berangkat ke Ukraina untuk membantu pasukan Rusia. Suriah dan Rusia merupakan sekutu dekat dalam upaya mengalahkan teroris yang menentang pemerintah.

Salah satu komandan kelompok paramiliter Pasukan Pertahanan Nasional (NDF), Nabil Abdallah, mengatakan pihaknya siap menggunakan keahlian dalam pertempuran perkotaan yang diperoleh selama perang Suriah untuk membantu Rusia.

"Begitu kami mendapatkan instruksi dari kepemimpinan Suriah dan Rusia, kami akan bertarung dalam perang yang benar ini. Kami akan mengobarkan perang jalanan dan menerapkan  taktik yang kami peroleh selama pertempuran kami yang mengalahkan teroris di Suriah," katanya, seperti dikutip Reuters (20/3).

Baca Juga: Slovakia Mulai Terima Sistem Pertahanan Udara Patriot dari NATO, Siap Bantu Ukraina

Abdallah mengaku bahwa pada 14 Maret Presiden Rusia Vladimir Putin telah memberi lampu hijau bagi 16.000 sukarelawan dari Timur Tengah untuk ditempatkan di Ukraina.

Suriah adalah sekutu terdekat Rusia di Timur Tengah. Intervensi Rusia dalam perang Suriah pada 2015 berhasil membantu Presiden Bashar al-Assad mengalahkan pasukan pemberontak di daerah kantong di sebagian besar negara.

NDF lahir dari kelompok milisi pro-Assad di awal perang Suriah dan bertempur dalam serangan yang merebut beberapa kantong pemberontak. Segala operasinya mendapat dukungan penuh dari Rusia.

Sebagian besar pasukan NDF saat ini telah didemobilisasi. Pengamat menduga jumlah pasukan NDF mencapai puluhan ribu dan memiliki potensi besar untuk membantu Rusia jika perang di Ukraina berlarut-larut.

Baca Juga: Dibayangi Ancaman Bencana Kemanusiaan, Ukraina Tolak Serahkan Kota Mariupol




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×