kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Video angkatan udara China tunjukkan serangan simulasi di pangkalan udara AS di Guam


Senin, 21 September 2020 / 12:33 WIB
Video angkatan udara China tunjukkan serangan simulasi di pangkalan udara AS di Guam
ILUSTRASI. Ilustrasi militer China


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Angkatan Udara China meliris video yang menunjukkan pembom H-6 berkemampuan nuklir melakukan serangan simulasi yang tampaknya merupakan pangkalan udara Andersen di Pulau Guam, Pasifik AS, ketika ketegangan regional terus berlanjut.

Mengutip Reuters, Senin (21/9), video tersebut, yang dirilis di akun Weibo Agkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat pada Sabtu muncul ketika China melakukan latihan hari kedua di dekat Taiwan yang diklaim China, untuk mengungkapkan kemarahan Beijing atas kunjungan seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri AS ke Taipei.

Guam adalah rumah bagi fasilitas militer utama AS, termasuk pangkalan udara, yang akan menjadi kunci untuk menanggapi konflik apapun di kawasan Asia Pasifik.

Video dua menit dan 15 detik angkatan udara China, dengan latar musik yang serius dan dramatis seperti trailer untuk film Hollywood, menunjukkan pembom H-6 lepas landas dari pangkalan gurun. Video itu berjudul "Dewa perang H-6K menyerang!"

Baca Juga: Prancis-Inggris-Jerman ramai-ramai menentang klaim China di Laut China Selatan

Di tengah jalan, seorang pilot menekan tombol dan melepaskan misil di landasan pacu pantai yang tidak disebutkan namanya.

Rumah rudal di landasan pacu, yang gambar satelitnya terlihat persis seperti tata letak Andersen, meskipun tidak disebutkan namanya.

Musik tiba-tiba berhenti saat gambar tanah bergetar muncul, diikuti oleh pemandangan ledakan dari udara. 

"Kami adalah pembela keamanan udara ibu pertiwi; kami memiliki kepercayaan diri dan kemampuan untuk selalu mempertahankan keamanan langit ibu pertiwi," tulis PLAAF dalam deskripsi singkat untuk video tersebut.

Baik Kementerian Pertahanan China maupun Komando Indo-Pasifik AS segera menanggapi permintaan untuk mengomentari video tersebut.

H-6 telah terlibat dalam beberapa penerbangan China di sekitar dan dekat Taiwan, menurut angkatan udara Taiwan, termasuk yang minggu lalu.

H-6K adalah model pembom terbaru, yang didasarkan pada Tu-16 Soviet tahun 1950-an.

Selanjutnya: Jet China hilir mudik, Taiwan: Latihan militer China adalah ancaman bagi kawasan




TERBARU

[X]
×