kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Vietnam borong 10 juta dosis vaksin Covid-19 Abdala buatan Kuba


Selasa, 21 September 2021 / 09:15 WIB
Vietnam borong 10 juta dosis vaksin Covid-19 Abdala buatan Kuba
ILUSTRASI. Dosis vaksin?Covid-19 Abdala buatan Kuba terlihat di pusat vaksinasi di Caracas, Venezuela 1 Juli 2021. REUTERS/Manaure Quintero/File Photo


Sumber: Channel News Asia | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - HAVANA. Pemerintah Kuba pada hari Senin (20/9) akhirnya setuju untuk memborong 10 juta dosis vaksin Covid-19 buatan Kuba, Abdala. Jenis vaksin baru ini telah mendapat persetujuan darurat dari Vietnam.

Melansir Channel News Asia, kesepakatan ditandatangani antara kedua negara selama kunjungan resmi Presiden Nguyen Xuan Phuc ke Kuba.

Pada hari Sabtu (18/9), Kuba resmi menjadi negara asing pertama yang menyetujui penggunaan darurat Abdala. Di Kuba, Abdala sudah digunakan bersama dengan Soberana 02, vaksin lain yang dikembangkan secara lokal.

Negara Amerika Latin lain, Venezuela, juga telah menandatangani kontrak untuk memperoleh 12 juta dosis Abdala. Argentina dan Meksiko juga telah menyatakan minatnya pada vaksin buatan Kuba tersebut.

Sementara itu, berdasarkan kesepakatan dengan Kuba, Iran akan mulai memproduksi vaksin Covid-19 Soberana 02.

Baca Juga: Hasil uji klinis, vaksin Pfizer hasilkan respons imun pada anak-anak usia 5-11 tahun

Vaksin Covid-19 Abdala saat ini belum menjalani peer review ilmiah internasional. Pekan lalu, Kuba memulai proses mencari persetujuan WHO untuk Abdala dan Soberana 02.

Ilmuwan Kuba yang mengembangkan vaksin dalam negeri ini mengklaim Abdala telah terbukti memiliki efektivitas hingga 90% dalam mencegah kasus Covid-19 yang bergejala.

Sistem kerja Abdala didasarkan pada teknologi protein rekombinan, metode yang sama dengan Novavax Amerika Serikat dan Sanofi Prancis.

Kuba sudah sejak lama memproduksi beragam vaksin dan obat-obatan di dalam negeri. Terutama sejak mendapat sanksi dari AS pada tahun 1962.

Sejak tahun 1980-an, Kuba telah berhasil membuat vaksinnya sendiri. Saat ini hampir 80% program vaksinasinya menggunakan jenis vaksin buatan dalam negeri.

Selanjutnya: Ibu kota Vietnam, Hanoi, akan melonggarkan pembatasan akibat virus corona minggu ini




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×