kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Vietnam memperpanjang penguncian Covid-19 di kota Ho Chi Minh


Jumat, 23 Juli 2021 / 20:26 WIB
Vietnam memperpanjang penguncian Covid-19 di kota Ho Chi Minh
ILUSTRASI. Penguncian Covid-19 di Ho Chi Minh City, Vietnam diperpanjang


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - HANOI. Vietnam akan memperpanjang penguncian ketat di Kota Ho Chi Minh hingga 1 Agustus mendatang. Hal tersebut dilakukan karena negara tersebut belum berhasil memerangi pandemi Covid-19.

Setelah berhasil menahan virus untuk sebagian besar pandemi, Vietnam telah menghadapi penyebaran wabah virus corona yang rumit, dengan pusat bisnis di sebelah selatan Kota Ho Chi Minh dan provinsi sekitarnya menyumbang sebagian besar infeksi baru.

"Karena sifat varian Delta yang cepat menular dan tidak dapat diprediksi dan untuk melindungi orang serta meminimalkan kematian, otoritas kota telah memutuskan untuk memperketat sejumlah langkah untuk mengendalikan wabah," kata Kementerian Kesehatan Vietnam dalam sebuah pernyataan, Jumat (23/7).

Jumlah layanan yang diizinkan untuk beroperasi selama penguncian akan dikurangi, kata kementerian kesehatan, mengutip Duong Anh Duc, Wakil Kepala Kota Ho Chi Minh.

Langkah-langkah yang saat ini diterapkan di kota tersebut telah berlaku sejak 9 Juli, termasuk perintah tinggal di rumah, larangan pertemuan yang lebih dari dua orang dan penangguhan layanan transportasi umum.

Layanan perbankan dan sekuritas di kota itu akan dikurangi ke tingkat minimal, sementara proyek konstruksi yang tidak perlu akan ditangguhkan, kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Penyemprotan disinfektan selama seminggu di daerah berisiko tinggi Covid-19 juga telah dimulai, tambah Kementerian Kesehatan.

Baca Juga: Kasus baru turun, Taiwan akan melonggarkan pembatasan Covid-19 mulai minggu depan

Sejak akhir April, ketika wabah saat ini dimulai, Vietnam telah memberlakukan pembatasan pergerakan di sekitar sepertiga dari 63 kota dan provinsinya, termasuk di ibu kota Hanoi.

Kementerian Kesehatan melaporkan rekor 7.307 kasus pada hari Jumat, meningkatkan beban kasus keseluruhan Vietnam menjadi 81.678, dengan 370 kematian.

Kota Ho Chi Minh menyumbang sekitar 60% dari total kasus.

Otoritas kota telah meminta perdana menteri Vietnam untuk menambah personel untuk membantu memerangi wabah saat ini, kata kementerian kesehatan dalam sebuah posting Facebook pada hari Jumat.

Vietnam, yang sangat bergantung pada vaksin Covid-19 AstraZeneca, berusaha mempercepat program inokulasinya.

Negara tersebut menerima 1,2 juta dosis vaksin AstraZeneca pada hari Jumat, pengiriman terbesar dari pengadaannya sejauh ini. Sekitar 4,4 juta dosis telah diberikan di negara ini.

Namun data resmi menunjukkan bahwa kurang dari 335.000 orang telah divaksinasi penuh.

Selanjutnya: Cegah varian Delta, Filipina larang masuk pelancong dari Malaysia dan Thailand




TERBARU

[X]
×