kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,20   -15,29   -1.66%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Vietnam tambah 20 juta dosis vaksin Sputnik V di tahun ini


Rabu, 02 Juni 2021 / 21:22 WIB
Vietnam tambah 20 juta dosis vaksin Sputnik V di tahun ini


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - HANOI. Vietnam akan mendapatkan 20 juta dosis vaksin virus Covid-19 Sputnik V dari Rusia pada tahun ini. Menteri Kesehatan Vietnam Nguyen Thanh Long  mengatakan, kesepakatan antara dua negara tersebut sudah terjadi beberapa waktu lalu. 

Selain itu, Vietnam juga sudah menyetujui vaksin asal Rusia ini pada bulan Maret lalu. Saat ini Vietnam pun makin gencar dalam pengadaan vaksin setelah dilanda gelombang virus corona baru yang lebih besar dari pada sebelumnya, meskipun keseluruhan kasus dan jumlah kematiannya tetap relatif rendah.

“Vietnam sedang berusaha mendapatkan akses ke sumber vaksin Covdi-19 untuk mempercepat peluncuran vaksinasi sedini mungkin,” kata Menteri Kesehatan Nguyen Thanh Long dalam sebuah pernyataan yang mengumumkan perjanjian Sputnik V.

Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc pada hari Rabu mengirim surat kepada Presiden Rusia Vladimir Putin untuk mencari bantuan tentang virus corona, setelah permintaan serupa juga ditujukan kepada Presiden AS Joe Biden.

Media Vietnam melaporkan, bulan lalu bahwa sebuah pusat penelitian di bawah kementerian kesehatan sedang dalam pembicaraan untuk memproduksi Sputnik V secara lokal.

Menteri Kesehatan Long menambahkan, sebuah perusahaan pemerintah, Vabiotech, akan mulai mengemas vaksin Rusia mulai Juli, dengan kapasitas bulanan lima juta dosis.

Baca Juga: Asia Tenggara hadapi serangan Covid-19, negara mana saja?

"Ini merupakan langkah penting bagi Rusia untuk mentransfer teknologi produksi vaksinnya ke Vietnam," kata Long.

Dia menambahkan, Vietnam mendekati targetnya untuk memperoleh 150 juta dosis vaksin tahun ini guna menyuntik 75% dari 98 juta populasi di negara tersebut.

Vietnam sebelumnya telah meminta 40 juta dosis Sputnik V tetapi Rusia mengatakan itu akan dikirimkan pada akhir tahun depan.

Pihak berwenang pada hari Rabu mengeluarkan pesan teks massal yang menyerukan sumbangan publik untuk dana vaksin Covid-19 pemerintah guna membeli, mengimpor, meneliti, dan memproduksi vaksin.

Dana khusus sebesar US$ 1,1 miliar akan diluncurkan pada hari Sabtu dan berusaha untuk mendorong program vaksinasi yang efektif, kata pemerintah.

Negara ini telah menerima pengiriman hampir 2,9 juta dosis vaksin virus corona sejauh ini, sebagian besar dari AstraZeneca dengan sekitar 1 juta telah diberikan.

Hingga saat ini, Vietnam mencatat 49 kematian dan hanya 7.781 kasus secara keseluruhan. Di mana hampir 60% dari infeksi terjadi dalam sebulan terakhir.

Selanjutnya: Kasus harian COVID-19 Malaysia bisa mencapai 13.000, jika hal ini terjadi




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×