kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Vietnam tunda SEA Games hingga tahun depan, Singapura keberatan


Jumat, 09 Juli 2021 / 06:29 WIB
Vietnam tunda SEA Games hingga tahun depan, Singapura keberatan
ILUSTRASI. Kontingen Indonesia mengibarkan Bendera Merah Putih dalam parade penutupan SEA Games ke-30 di Filipina, Rabu (11/12/2019). SEA Games ke-30 di Filipina resmi ditutup dan akan digelar kembali di Vietnam pada 2021. ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/foc.


Sumber: The Straits Times | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Pelaksanaan ajang SEA Games yang rencananya akan dihelat 21 November-2 Desember di Vietnam telah ditunda menjadi tahun depan. 

Melansir Straits Times, setelah komite kerja Federasi SEA Games bertemu kemarin, Dewan Olimpiade Nasional Singapura (SNOC) mengeluarkan pernyataan yang mengatakan "diputuskan bahwa SEA Games tidak akan diadakan tahun ini".

“NOC Vietnam akan mengeksplorasi tanggal baru untuk dipertimbangkan. SNOC akan menyesuaikan kebijakan pemilihan yang sesuai untuk mencerminkan tanggal baru setelah rinciannya dikonfirmasi,” demikian pernyataan resmi SNOC.

Keputusan ini mengkonfirmasi spekulasi sebelumnya bahwa Olimpiade Hanoi akan dijadwal ulang karena Komite Olimpiade Vietnam (VOC) telah menandai kekhawatiran atas kelayakan penyelenggaraannya tahun ini di mana kawasan Asia Tenggara tengah  berjuang melawan lonjakan kasus Covid-19 dalam beberapa bulan terakhir.

Ajang olahraga bergengsi di Asia itu akan menampilkan lebih dari 10.000 atlet, pelatih, dan peserta lainnya.

Baca Juga: Jadi pusat gelombang COVID-19, Vietnam lockdown Ho Chi Minh City

Vietnam, yang terakhir kali menjadi tuan rumah Olimpiade pada tahun 2003, telah menyiapkan anggaran sebesar US$ 69 juta (S$91,3 juta) untuk menggelar kompetisi tersebut.

Meskipun dilaporkan telah memperkenalkan kebijakan "tidak ada vaksin, tidak ada partisipasi" untuk acara tersebut, jumlah kasus di negara tersebut telah meningkat hampir 10 kali lipat sejak Maret menjadi lebih dari 23.000 kasus.

Publikasi berita Vietnam Phap Luat Online melaporkan bulan lalu bahwa VOC telah mengirim surat kepada rekan-rekan regionalnya yang mengusulkan penundaan pelaksanaan SEA Games tahun ini hingga Juli tahun depan karena situasi pandemi Covid-19 yang rumit.

Baca Juga: Vietnam perketat pembatasan COVID-19, panic buying landa Ho Chi Minh City

Tetapi ESPN melaporkan bahwa mayoritas komite Olimpiade nasional, termasuk Singapura, telah "memilih menentang" proposal untuk memundurkan acara tersebut ke Juli.

Tanggal tersebut bermasalah untuk negara-negara seperti Singapura dan Malaysia karena Commonwealth Games di Birmingham ditetapkan pada 28 Juli-8 Agustus, dan kalender olahraga tahun depan juga dikemas dengan acara multi-olahraga besar lainnya termasuk Olimpiade Musim Dingin di Beijing (Februari) dan Asian Games di Hangzhou (September).

Varin Tansuphasiri, anggota Dewan Pertandingan dan wakil sekretaris Komite Olimpiade Thailand mengatakan kepada AFP kemarin bahwa Vietnam mengusulkan April atau Mei tahun depan sebagai tanggal alternatif.

Selanjutnya: Rencana baru Singapura: Hidup normal dengan Covid-19




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×