kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Vinfast Vietnam akan Membangun Pabrik Kendaraan Listrik Senilai US$ 2 Miliar di AS


Rabu, 30 Maret 2022 / 09:26 WIB
Vinfast Vietnam akan Membangun Pabrik Kendaraan Listrik Senilai US$ 2 Miliar di AS
ILUSTRASI. VinFast. REUTERS/Steve Marcus


Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - HANOI/SAN FRANCISCO. Produsen mobil Vietnam VinFast mengatakan pada Selasa bahwa pihaknya telah menandatangani kesepakatan awal untuk menginvestasikan US$ 2 miliar untuk membangun pabrik di North Carolina untuk membuat bus listrik, kendaraan sport (SUV) bersama dengan baterai untuk EV.

Unit konglomerat terbesar Vietnam Vingroup, mengatakan pihaknya berencana untuk memiliki total investasi sebesar US$ 4 miliar di kompleks pabrik pertama di AS. Konstruksi harus dimulai tahun ini segera setelah perusahaan mendapatkan izin yang diperlukan, dan diharapkan selesai pada Juli 2024. Kapasitas awal pabrik akan menjadi 150.000 unit per tahun, kata Vinfast.

“Dengan fasilitas manufaktur tepat di pasar AS, VinFast dapat menstabilkan harga dan mempersingkat waktu pengiriman produk, membuat EV kami lebih mudah diakses oleh pelanggan,” kata Nguyen Thi Thu Thuy, wakil ketua Vingroup dan CEO VinFast Global.

Baca Juga: Dukung Ekosistem, Produsen Mobil Listrik Terus Berinvestasi pada Pabrik Baterai

VinFast telah mulai menerima pra-pemesanan secara global untuk dua SUV listrik dengan tujuan untuk mulai mengirimkannya pada kuartal keempat.

Presiden AS Joe Biden mengatakan investasi VinFast, yang akan menciptakan lebih dari 7.000 pekerjaan.

Ini didasarkan pada pengumuman baru-baru ini dari perusahaan seperti GM, Ford, dan Siemens untuk berinvestasi di Amerika lagi dan menciptakan lapangan kerja, kata Biden, yang menetapkan tujuan ambisius untuk setengah dari penjualan mobil baru menjadi listrik pada tahun 2030.

Ini akan menjadi pabrik mobil pertama di Carolina Utara dan merupakan pengumuman pembangunan ekonomi terbesar dalam sejarah negara bagian itu, kata kantor gubernur dalam sebuah pernyataan.

VinFast mengatakan harga SUV sport VF8-nya mulai dari US$ 41.000 di Amerika Serikat. Sebagai perbandingan, SUV Tesla dijual dengan harga sekitar US$ 63.000. VinFast menargetkan penjualan kendaraan listrik global sebesar 42.000 tahun ini.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×