kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Volkswagen berencana menjual MAN Energy Solutions


Senin, 22 Juli 2019 / 18:07 WIB

Volkswagen berencana menjual MAN Energy Solutions

KONTAN.CO.ID - FRANKFURT. Produsen mesin diesel, Cummins sepakat membuat tawaran indikatif dengan MAN Energy Solutions yang merupakan anak usaha Volkswagen (VW). Kesepakatan ini terjadi ketika produsen mobil tersebut berupaya untuk menurunkan jumlah kapasitas dan portofolio aset yang berbeda.

Pada Mei 2019 lalu, Volkswagen menyatakan tengah menjajaki kerjasama penjualan atau kemitraan dengan MAN Energy Solutions sebagai bagian dari restrukturisasi bisnis mobil, truk dan bus asal Jerman. Perusahaan juga telah bernegosiasi dengan Cummins, dan menerima tawaran dari perusahaan AS.


Seorang juru bicara Cummins tidak mau berkomentar terkait rumor atau spekulasi pasar tersebut. 

Sementara juru bicara Volkswagen menegaskan bahwa VW masih meninjau semua opsi terkait penjualan aset tersebut, dan menolak berkomentar lebih lanjut tentang Cummins.

Dalam hal ini, VW belum menunjuk siapa bank sebagai penasehat untuk kerjasama ini, dan telah mendekati beberapa perusahaan yang berminat terhadap penjualan aset itu yang diperkirakan bernilai € 3 miliar.

Untuk memaksimalkan harga, Volkswagen juga bernegosiasi dengan pembuat mesin yang dimiliki Advent Jenbacher, mantan rekanan bisnis General Electric. Namun Advent menolak berkomentar.

Peers Mitsubishi Heavy dan Wartsila juga masuk sebagai penawar kerjasama ini di masa lalu. Volkswagen awalnya hampir mencapai kesepakatan dengan Cummins dan gagal. Kini perusahaan tengah menjajaki kerjasama dengan beberapa pemain strategis lain. Produsen otomotif asal Jerman ini berharap menandatangani kesepakatan sebelum akhir tahun 2019.

Asal tahu saja, MAN Energy memproduksi mesin diesel skala besar yang digunakan untuk pembuatan kapal dan pembangkit listrik. MAN Energy Solutions pada awalnya adalah bagian dari MAN truk & Bus AG, tetapi beberapa aset MAN dipindahkan ke Volkswagen tahun lalu sebagai bagian dari upaya untuk merampingkan Traton SE, anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki VW.

Volkswagen tengah berjuang untuk meningkat kinerja perusahaan tahun lalu setelah dewan kerja perusahaan sebagi pemilik hak veto mendorong restrukturisasi secara besar-besar dan menentang penjualan sepeda motor merk Ducati dan pembuat mesin transmisi, Renk.

Terkait hal itu, Direktur Eksekutif VW Herbert Diess berjanji untuk menyederhanakan grup perusahaan yang memiliki 12 merek dari truk, bus, sepeda motor, mobil dan sepeda listrik yang merupakan bagian dari bisnisnya.


Reporter: Ferrika Sari
Editor: Herlina Kartika

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.9413 || diagnostic_api_kanan = || diagnostic_web = 1.0720

Close [X]
×