Reporter: Mona Tobing | Editor: Rizki Caturini
SHANGHAI. Volswagen AG berencana mengembangkan merek lokal di China untuk mempersiapkan diri berkompetisi dengan merek-merek mobil baru di pasar otomotif.
"Kami melihat merek lokal memiliki kesempatan untuk mendapatkan segmen pasar baru yang cukup besar," kata Karl-Thomas Neumann, CEO Volkswagen Group China.
Beberapa kompetitor VW seperti General Motors, Honda Motor, dan Nissan Motor sebelumnya sudah meluncurkan jenis mobil baru yang lebih murah untuk pasar di China.
Macquarie Group Ltd, Nomura Holdings inc dan Booz&Co melihat fenomena beberapa pabrikan asing memang sedang gencar memperkenalkan mobil yang lebih murah. Target pasarnya adalah masyarakat China di daerah yang masyarakatnya masih sedikit memiliki mobil seperti di provinsi Henan dan Sichuan.
Di China, Volkswagen berpartner dengan SAIC Motor Corp. dan China FAW Group Corp. Koran Jerman, Handelsblatt melaporkan VW bakal membuat model mobil berukuran lebih kecil dengan harga kurang dari US$ 10.750 per unit.
Sebagai gambaran betapa besarnya pasar otomotif di China, pada 2010 lalu, penjualan mobil di China naik lebih dari 32% menjadi 18,06 juta unit. Angka ini melebihi penjualan mobil di Amerika Serikat sebagai pasar mobil terbesar sebelumnya dalam dua tahun berturut-turut.