Wabah Covid-19 Belum Pergi, Shanghai Terapkan Penguncian Baru

Kamis, 09 Juni 2022 | 13:01 WIB Sumber: Reuters
Wabah Covid-19 Belum Pergi, Shanghai Terapkan Penguncian Baru

ILUSTRASI. Seorang pria berjongkok di sebuah penghalang jalan di kawasan pusat perbelanjaan saat penguncian, di tengah wabah Covid -19, di Shanghai, China, Kamis (26/5/2022). REUTERS/Aly Song.


KONTAN.CO.ID - SHANGHAI. Beberapa bagian Shanghai mulai memberlakukan penguncian baru pada Kamis (9/6), dengan penduduk Distrik Minhang terpaksa tinggal di rumah selama dua hari dalam upaya untuk mengendalikan risiko penularan Covid-19.

Minhang, rumah bagi lebih dari 2 juta orang, akan menggelar tes Covid-19 untuk semua penduduk pada Sabtu (11/6), dan pengunciab akan dicabut setelah pengujian selesai, Pemerintah Shanghai mengatakan di akun WeChat, seperti dikutip Reuters.

Shanghai melaporkan empat kasus Covid-19 dengan gejala yang terkonfirmasi pada Rabu (8/6). Semua kasus berasal dari zona yang sudah menjalani karantina. Tidak ada kasus baru di Distrik Minhang.

Beberapa otoritas pemerintah tingkat lingkungan telah mengeluarkan pemberitahuan yang menyatakan, penduduk wajib berada di rumah selama dua hari dan melakukan pengujian ketat selama 12 hari mulai Kamis.

Menurut pemberitahuan dari setidaknya tiga lingkungan di Shanghai, penduduk akan mengikuti lima putaran tes Covid-19 wajib yang berakhir pada 23 Juni, dan akan berada di dalam rumah hingga Sabtu.

Baca Juga: Waspada, Penyebaran 3 Subvarian Baru Omicron yang Lebih Menular Meluas

Zhao Dandan, Wakil Kepala Komisi Kesehatan Shanghai, mengatakan pada Selasa (7/6), pemerintah kota akan terus menerapkan pembatasan bahkan di daerah-daerah yang belum teridentifikasi sebagai "berisiko tinggi".

"Berdasarkan penilaian tren pencegahan dan pengendalian epidemi, langkah-langkah terkait akan disesuaikan secara dinamis," katanya. "Kami berharap masyarakat akan terus memahami dan bekerjasama".

Sementara Shanghai Disney Resort mengatakan pada Kamis, akan membuka kembali beberapa area ritel dan taman mulai Jumat (10/6). Shanghai Disney Resort telah ditutup sejak 21 Maret lalu.

Tapi, taman utama Disneyland, Disneytown, dan dua hotel resornya akan tetap ditutup hingga pemberitahuan lebih lanjut. Menurut Shanghai Disney Resort, "tim terus mempersiapkan pembukaan kembali seluruh resor. 

"Berharap Star Park, World of Disney Store, dan Blue Sky Boulevard akan kembali beroperasi pada 10 Juni 2022," kata Shanghai Disney Resort dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters.  

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru