CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.015,18   6,97   0.69%
  • EMAS984.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -1.86%
  • RD.CAMPURAN -0.70%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wakil Presiden AS Harris tawarkan dukungan ke Vietnam lawan dominasi China di LCS


Rabu, 25 Agustus 2021 / 14:38 WIB
Wakil Presiden AS Harris tawarkan dukungan ke Vietnam lawan dominasi China di LCS
Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris dan Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh berpose di Kantor Pemerintah di Hanoi, Vietnam, Rabu (25/8/2021).


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  HANOI. Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris bertemu dengan para pemimpin tinggi Vietnam pada Rabu (25/8). Dalam pertemuan itu, AS menawarkan dukungan di beberapa bidang utama termasuk peningkatan keamanan maritimnya dalam upaya untuk melawan meningkatnya ketegasan Beijing di Laut China Selatan.

Melansir Reuters, Harris juga menawarkan lebih banyak kunjungan kapal perang AS selama pembicaraannya dengan Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc, Wakil Presiden Vo Thi Anh Xuan dan Perdana Menteri Pham Minh Chinh, menurut seorang pejabat Gedung Putih yang tidak ingin disebutkan namanya.

Perjalanan tujuh hari Harris ke Singapura dan Vietnam adalah bagian dari strategi AS yang lebih luas untuk merayu sekutu yang diharapkan Washington akan membantunya menantang pertumbuhan keamanan dan pengaruh ekonomi China di kawasan itu.

Selama pembicaraan, Harris menawarkan vaksin dan bantuan kepada Vietnam untuk mengatasi Covid-19 dan mengumumkan peluncuran beberapa program untuk membantu memerangi perubahan iklim, kata pejabat Gedung Putih.

Baca Juga: Media China sebut Wapres AS Kamala Harris hendak memecah belah Asia

Berbicara di Hanoi, Harris mengatakan ada kebutuhan untuk meningkatkan tekanan pada Beijing atas klaim maritimnya.

"Kita perlu menemukan cara untuk menekan, meningkatkan tekanan ... pada Beijing untuk mematuhi Konvensi PBB tentang Hukum Laut, dan untuk menantang, intimidasi dan klaim maritim yang berlebihan," kata Harris selama pertemuan dengan presiden Vietnam. 

Ini adalah kedua kalinya dalam dua hari Harris menyerang Beijing.

Pada hari Selasa di Singapura, Harris menuduh Beijing melakukan paksaan dan intimidasi untuk mendukung klaim yang melanggar hukum di beberapa bagian Laut China Selatan yang disengketakan. China membantah komentarnya, Beijing menuduh Washington mencoba membuat perpecahan antara Beijing dan tetangganya di Asia Tenggara. 

China telah mendirikan pos-pos militer di pulau-pulau buatan di Laut China Selatan, yang dilintasi oleh jalur pelayaran vital dan berisi ladang gas dan daerah penangkapan ikan yang kaya. China, Vietnam, Brunei, Malaysia, Filipina, dan Taiwan mengklaim sebagian perairan itu.

Baca Juga: Wapres AS Kamala Harris menyebut China terus mengintimidasi di Laut China Selatan

Selama beberapa tahun terakhir, ketegangan antara China dan Vietnam di Laut China Selatan tetap tinggi dan Vietnam diam-diam mendukung strategi Indo-Pasifik AS karena mengambil garis keras terhadap China di perairan yang disengketakan.

Namun, dengan persaingan AS-China di seluruh Indo-Pasifik yang memanas secara dramatis, negara Asia Tenggara itu telah berusaha untuk melakukan tindakan penyeimbangan yang rumit.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Planner Development Program Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×