kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45859,88   -1,43   -0.17%
  • EMAS918.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.26%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Walau Indonesia mendapat tekanan, Rusia siap pasok 11 jet tempur Su-35


Sabtu, 24 Juli 2021 / 11:03 WIB
Walau Indonesia mendapat tekanan, Rusia siap pasok 11 jet tempur Su-35
ILUSTRASI. Jet tempur Sukhoi Su-30SM dan Su-35 dari tim aerobatik Ksatria Rusia tampil selama forum teknis militer Internasional Army-2020 di Pangkalan Udara Kubinka di Wilayah Moskow, 25 Agustus 2020. REUTERS/Maxim Shemetov.

Sumber: TASS | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - ZHUKOVSKY. Rusia siap untuk memasok 11 jet tempur multiperan Sukhoi Su-35 ke Indonesia, juru bicara Biro Federal untuk Kerjasama Teknis-Militer Valeria Reshetnikova menyatakan pada Rabu (21/7) lalu.

“Sejak awal, proyek penyediaan 11 jet tempur multiperan Su-35 ke Jakarta telah menarik perhatian masyarakat dunia," kata Reshetnikova di sela-sela pameran dirgantara MAKS-2021, seperti dikutip TASS. 

"Tidak mengherankan, setelah menandatangani (kesepakatan), pihak Indonesia menghadapi tekanan ekstensif dari perwakilan negara tertentu," ungkap dia kepada wartawan. 

"Pada semua tingkat yang memungkinkan, Jakarta sangat disarankan untuk meninggalkan proyek tersebut. Namun, kami dengan yakin menegaskan, pihak Rusia bermaksud memenuhi kontrak ini," imbuhnya.

Menurut Reshetnikova, Rusia memandang Indonesia sebagai salah satu mitra utama di kawasan Asia-Pasifik.

Baca Juga: Makin mematikan, RPG-7V2 peluncur granat legendaris Uni Soviet

Kemampuan Sukhoi Su-35 

Jet tempur ini memiliki jangkauan lebih dari 3.500 kilometer tanpa pengisian bahan bakar. Sukhoi Su-35 yang membawa meriam 30mm bisa mendeteksi target pada jarak lebih dari 400 kilometer. 

Sukhkoi Su-35S memiliki sistem kontrol radar array bertahap Irbis. Sistem canggih ini memungkinkannya mendeteksi dengan cepat dan melacak secara bersamaan hingga empat target darat atau hingga 30 target udara.

Bukan itu saja, Sukhkoi Su-35S bisa menyerang hingga delapan target udara pada saat yang bersamaan. 

Selain itu, sistem kontrol radar memiliki kemampuan identifikasi teman atau musuh untuk objek udara dan laut, mampu mengidentifikasi kelas dan jenis target udara.

Baca Juga: Canggih! Pengangkut personel lapis baja Bumerang Rusia bisa dikendalikan dari ponsel




TERBARU
Kontan Academy
Bongkar Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing

[X]
×