kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Warren Buffet: Saya berlibur setiap hari, tidak ada kaitannya dengan uang


Sabtu, 28 Desember 2019 / 12:09 WIB
Warren Buffet: Saya berlibur setiap hari, tidak ada kaitannya dengan uang
ILUSTRASI. Warren Buffett. REUTERS/Rick Wilking/File Photo


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - OMAHA. Miliarder Berkshire Hathaway, Warren Buffett, memiliki banyak hal untuk dibanggakan. Saat ini ia adalah orang terkaya keempat di dunia, dengan kekayaan bersih US$ 90,1 miliar.

Tetapi Buffett mengatakan keberhasilan keuangannya bukanlah akar kebahagiaannya. Dia bilang, kebahagiannya lebih karena dia menikmati pekerjaannya dan orang-orang yang dicintainya.

Baca Juga: Resolusi Tahun Baru 2020 Warren Buffett: Menemukan gajah baru

"Saya tidak bisa membeli waktu, saya tidak bisa membeli cinta tetapi saya bisa melakukan hal lain dengan uang, cukup banyak. Dan mengapa saya bangun setiap hari dan melompat dari tempat tidur dan saya bersemangat pada usia 88? Itu karena saya mencintai apa yang saya lakukan dan mencintai orang yang saya lakukan dengannya," kata Buffett baru-baru ini kepada Financial Times.

"Saya punya 25 orang di sini [di Berkshire]. Kami pergi ke pertandingan bisbol bersama. Mereka mencoba dan membuat hidup saya baik, saya mencoba dan membuat hidup mereka baik," kata Buffett.

Baca Juga: Ini 10 miliarder yang nilai kekayaan melonjak tinggi dalam satu dekade terakhir

"Aku sedang berlibur setiap hari. Jika ada tempat lain yang ingin aku kunjungi, aku akan pergi ke sana."

Memang, Buffett sebelumnya mengatakan kepada "Squawk Box" CNBC bahwa mengandalkan uang untuk membuat Anda bahagia tidak bisa diandalkan. "Bahkan uang US$ 1 juta tidak akan membuat Anda bahagia, itu tidak akan terjadi. Karena dengan begitu kebahagiaan Anda akan menghilang ketika Anda melihat ke lingkungan sekitar dan menemukan orang-orang yang memiliki US$ 2 juta," katanya.

Baca Juga: Enam pemikiran istimewa jelang akhir tahun dari Warren Buffett

Faktanya, kata Buffett, bahkan ketika dia baru saja keluar dari sekolah dengan hanya $ 10.000, dia tetap bahagia karena "Saya memiliki banyak kesenangan."

Dan itu tetap berlaku sampai hari ini. "Ini adalah istana kesenangan di sini," katanya kepada Financial Times tentang rumahnya di Berkshire Hathaway. "Saya rasa, saya mengalami kesenangan yang lebih banyak di sini dibanding orangtua lain di dunia yang berusia 88 tahun."




TERBARU

[X]
×