Warren Buffett Beli Perusahaan Asuransi Alleghany Senilai Rp 166,3 Triliun

Senin, 21 Maret 2022 | 19:42 WIB Sumber: Reuters
Warren Buffett Beli Perusahaan Asuransi Alleghany Senilai Rp 166,3 Triliun

ILUSTRASI. Warren Buffett Beli Perusahaan Asuransi Alleghany Senilai Rp 166,3 Triliun


KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Berkshire Hathaway Inc, perusahaan milik Warren Buffett telah mencapai kesepakatan senilai US$ 11,6 miliar atau setara Rp 166.32 triliun (kurs Rp 14.338) untuk membeli Alleghany Corp, pemilik perusahaan reasuransi TransRe, hanya beberapa minggu setelah miliarder berusia 91 tahun itu mengeluhkan kurangnya peluang investasi yang baik.

Melansir Reuters, pembelian saham Alleghany menambah portofolio asuransi milik Berkshire yang sudah besar, yang mencakup asuransi mobil Geico, reasuransi General Re dan unit yang mengasuransikan risiko besar dan tidak biasa.

Didirikan pada tahun 1929 oleh pengusaha kereta api Oris dan Mantis Van Sweringen, Alleghany yang berbasis di New York beroperasi terutama dalam reasuransi dan asuransi properti dan kecelakaan melalui anak perusahaan dan investasi.

Baca Juga: Siapkan Penerus, Bernard Arnault, Orang Terkaya ke-3 Dunia Perpanjang Masa Jabatan

Alleghany, sering disamakan dengan mini Berkshire, diubah dari perusahaan induk kereta api menjadi perusahaan asuransi dan investasi oleh Fred Morgan Kirby II. Dewan perusahaan saat ini dipimpin oleh Jefferson Kirby.

"Berkshire akan menjadi rumah permanen yang sempurna untuk Alleghany, sebuah perusahaan yang telah saya amati selama 60 tahun," kata Ketua dan Kepala Eksekutif Berkshire Hathaway Warren Buffett dalam sebuah pernyataan, Senin (21/3).

"Selama 85 tahun keluarga Kirby telah menciptakan bisnis yang memiliki banyak kesamaan dengan Berkshire Hathaway," kata Buffett.

Buffett telah berjanji pada bulan Februari untuk menyimpan lebih dari US$ 30 miliar uang tunai, menyisakan banyak uang untuk akuisisi yang tepat. 

Baca Juga: Warren Buffett Beri Tips Jitu Investasi Kala Inflasi Tinggi

Kepemilikan asuransi Alleghany juga mencakup RSUI Group, penjamin emisi untuk asuransi khusus grosir, dan CapSpecialty, perusahaan asuransi khusus.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru