Warren Buffett diperkirakan buyback saham Berkshire Hathaway beberapa minggu terakhir

Rabu, 15 Juli 2020 | 10:32 WIB Sumber: Business Insider
Warren Buffett diperkirakan buyback saham Berkshire Hathaway beberapa minggu terakhir

Warren Buffett diperkirakan lakukan buyback saham Berkshire Hathaway dalam beberapa pekan terakhir senilai US$ 5 miliar


KONTAN.CO.ID - Investor kawakan Warren Buffett diperkirakan diam-diam telah membeli kembali atau buyback saham perusahaannya Berkshire Hathaway dalam beberapa pekan terakhir.

Bahkan nilai pembelian Warren Buffett tersebut ditaksir lebih dari US$ 5 miliar, atau tiga kali lipat dari nilai pembelian kembali pada kuartal I 2020. 

Aksi buyback Warren Buffett ini dinilai sebagai strategi memanfaatkan cadangan kas perusahaan yang besar dan harga saham yang tertekan.

Baca Juga: Warren Buffett & para investor bunyikan alarm akan kehancuran pasar yang lebih besar

Mengutip Business Insider, aksi buybacks Warren Buffett ini terlihat dari pengurangan jumlah saham Berkshire Hathaway yang beredar di pasar.

Warren Buffett yang juga CEO Berkshire Hataway ini diketahui memiliki 248.734 saham kelas A di perusahaannya dan 10.188 saham kelas B. Jumlah tersebut merupakan sisa yang ia miliki setelah Buffett menyumbang sekitar US$ 2,9 miliar saham Berkshire untuk amal pekan lalu.

Setiap saham kelas A dapat dikonversi menjadi 1.500 saham kelas B. Oleh karena itu, Buffett memegang setara dengan 248.741 saham kelas A Berkshire Hathaway pada perhitungan terakhir.

Namun data terbaru menunjukkan bahwa kepemilikan Warren Buffett atas perusahaannya mewakili 15,53% dari total saham beredar Berkshire, setara lebih dari 1,6 juta saham kelas A.

Baca Juga: Para miliarder ini sekarang lebih kaya dari Warren Buffett

Sementara sebelumnya, jumlah total saham Kelas A dan Kelas B yang beredar pada 23 April setara dengan 1,62 juta saham Kelas A. Oleh karena itu, sepertinya jumlah saham beredar Berkshire menyusut setara 19.400 saham Kelas A atau 1,2% selama periode 23 April dan 7 Juli 2020.

Dengan asumsi yang mencerminkan pembelian kembali saham, Warren Buffett kemungkinan menghabiskan antara US$ 4,9 miliar dan US$ 5,9 miliar untuk membelinya, berdasarkan kisaran harga saham Kelas A Berkshire selama periode itu.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru