kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Warren Buffett menghabiskan 80% waktunya untuk membaca, ini 9 buku favoritnya.


Minggu, 19 Januari 2020 / 07:00 WIB
Warren Buffett menghabiskan 80% waktunya untuk membaca, ini 9 buku favoritnya.

Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  Investor kawakan, Warren Buffett memiliki reputasi sebagai pembaca yang rakus, dan ia dilaporkan menghabiskan 80% waktunya untuk membaca buku, surat kabar, dan laporan dari berbagai jenis perusahaan.

Sebagai seseorang yang mengonsumsi ratusan halaman buku dan surat kabar setiap hari, Buffett berada dalam posisi yang sangat baik untuk merekomendasikan buku. Menurut profilnya di BookAuthority, sembilan buku ini adalah beberapa di antara buku favoritnya.

Baca Juga: Bill Gates dan Elon Musk berhenti dari kebiasaan buruk ini sebelum menjadi sukses

1. The Little Book of Common Sense Investing

Buffett menjadikan buku karangan Pendiri Vanguard Group, John C. Bogle's book ini sebagai salah satu buku investasi favoritnya. Buffett menjelaskan bahwa penulis telah melakukan lebih banyak dalam membimbing investor Amerika dibandingkan orang lain.

Buffett mengakui bahwa "[Bogle] merasa puas mengetahui bahwa dia membantu jutaan investor menyadari pengembalian yang jauh lebih baik pada tabungan mereka daripada yang seharusnya mereka dapatkan . Dia adalah pahlawan bagi mereka dan bagi saya. "

2. The Intelligent Investor

Buku The Intelligent Investor karya Benjamin Graham ini, merupakan kitab sucinya investasi menurut Buffett. 

Dalam Kata Pengantar untuk Edisi Keempat buku ini, Buffett menulis, "Saya membaca edisi pertama buku ini di awal tahun 1950, ketika saya berusia sembilan belas tahun. Saya kemudian berpikir bahwa itu adalah buku terbaik tentang investasi yang pernah ditulis. Saya masih berpikir itu," tulis Buffet seperti dilansir www.inc.com.

"Dia kemudian menunjukkan bahwa investasi yang baik tidak memerlukan lebih dari kerangka intelektual yang tepat untuk pengambilan keputusan, dan dia menyimpulkan bahwa "[Investor Cerdas] secara tepat dan jelas menetapkan kerangka yang tepat."

Baca Juga: Bill Gates menempatkan lebih dari 60% kekayaannya dalam bentuk saham

3. The Clash of the Cultures: Investment vs. Speculation

Keberhasilan Bogle lainnya masuk dalam daftar bacaan favorit Buffet,. Kali ini merinci buku tersebut kebangkitan budaya investasi spekulatif yang dibangun di sekitar keuntungan jangka pendek yang telah melampaui budaya nilai tambah jangka panjang.

Buku ini mencakup 10 langkah yang dapat ditindaklanjuti untuk investor dari semua lapisan masyarakat. Bogle mengakui bahwa panduannya dalam buku ini "mungkin bukan strategi terbaik yang pernah dibuat. Tetapi jumlah strategi yang lebih buruk tidak terbatas.




TERBARU

Close [X]
×