kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Warren Buffett: Pasar Bullish seperti Seks, Rasanya Enak sebelum Akhirnya Berakhir


Rabu, 08 Maret 2023 / 08:20 WIB
Warren Buffett: Pasar Bullish seperti Seks, Rasanya Enak sebelum Akhirnya Berakhir
ILUSTRASI. Warren Buffett menyarankan investor untuk membeli saham perusahaan yang akan menguntungkan dalam jangka panjang. REUTERS/Rick Wilking


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Warren Buffett menawarkan beberapa saran dasar tentang investasi. 

Mengutip CNBC, Warren Buffett pernah menulis dalam surat pemegang saham tahunan beberapa tahun lalu tentang bagaimana investor nonprofesional tidak boleh terganggu oleh harga saham yang terus berubah. 

Sebaliknya, Warren Buffett menyarankan investor untuk membeli saham perusahaan yang akan menguntungkan dalam jangka panjang.

Warren Buffett juga memperingatkan agar investor tidak memasuki pasar pada saat kegembiraan yang ekstrem dan kemudian (menjadi) kecewa ketika kerugian kertas terjadi. 

Warren Buffett mengutip mendiang manajer uang Wall Street Barton Biggs:

"Pasar bullish itu seperti seks. Rasanya paling enak sebelum akhirnya berakhir."

Dalam kutipan dari suratnya yang akan datang, yang diterbitkan oleh Fortune, dia melanjutkan lebih jauh tentang "dasar-dasar investasi" -nya.

Baca Juga: Warren Buffett: Dalam Investasi, Pesimisme adalah Teman dan Euforia adalah Musuh

Melansir CNN, Warren Buffett hanya mengatakan bahwa strategi Berkshire Hathaway adalah tentang membuat keputusan rasional dan berinvestasi untuk jangka panjang.

"Itu bukan karena kami pintar. Itu karena kami waras," kata Buffett dalam pertemuan investor Berkshire.

Warren Buffett menepis pujian dari seorang penanya tentang bagaimana dia berinvestasi saat pasar bullish dengan sangat baik. 

Warren Buffett mengatakan bahwa dia tidak pernah benar-benar tahu apa yang akan dilakukan saham atau ekonomi dalam jangka pendek.

Baca Juga: Langkah Warren Buffett Saat Resesi Menghadang, Bisa Menenangkan Saraf Investor

Dia juga bercanda bahwa taruhan pada saat pasar bullish sering terlihat buruk pada awalnya. Warren Buffett mengatakan bahwa dia menghabiskan sebagian besar kekayaan bersihnya pada tahun 2008 selama Resesi Hebat untuk membeli saham pada "waktu yang mengerikan ... waktu yang benar-benar bodoh." 

Berkshire melakukan investasi di Goldman Sachs (GS) dan General Electric (GE), di antara blue chips lainnya, sebelum pasar akhirnya mencapai titik terendah pada Maret 2009.

"Kami tidak pernah mengatur waktu apa pun," kata Warren Buffett.

Dia menambahkan bahwa keberhasilan strategi investasi "beli dan tahan" jangka panjang perusahaan adalah hal yang "sederhana".




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×