kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Warren Buffett sangat membenci dividen, ini alasannya!


Jumat, 22 November 2019 / 10:24 WIB
Warren Buffett sangat membenci dividen, ini alasannya!
ILUSTRASI. Investor kawakan Warren Buffett. REUTERS/Scott Morgan/File Photo

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - OMAHA. Sepertinya cukup aman untuk mengatakan bahwa Warren Buffett membenci dividen. Mengutip The Motley Fool, Berkshire Hathaway, perusahaan yang diambil alih oleh Warren Buffett pada tahun 1962, baru sekali saja membagikan dividen kepada para pemegang sahamnya, yakni pada tahun 1967. Buffett kerap mengatakan bahwa ia pasti berada di kamar mandi ketika keputusan itu dibuat.

Banyak yang mengatakan Warren Buffett benci membayar dividen, tapi dia suka menerimanya. Pada tahun 2019 saja, Berkshire menerima dividen tunai dengan nilai sekitar US$ 3,8 miliar dari perusahaan-perusahaan yang dimilikinya.

Baca Juga: Terpopuler: Tip Warren Buffett untuk simpanan hari tua, Faisal Basri soal Ahok

Beberapa kepemilikan terbesar Berkshire - perusahaan seperti The Coca-Cola Company, American Express Co, Apple dan Bank of America - membayar hasil dividen yang sangat besar. Dan karena Buffett membeli perusahaan tersebut beberapa dekade yang lalu, pembayaran ini terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Faktanya, Buffett membeli saham Coca-Cola pada 1980-an, tetapi saat ini dia menerima lebih dari 60% investasi awal setiap tahun dalam pembayaran dividen.

Baca Juga: Meski Warren Buffett menghindarinya, ini lima alasan memilih emas untuk investasi

Jadi mengapa Warren Buffett tidak suka membayar dividen kepada pemegang sahamnya?

Dengan semua uang yang mengalir melalui pintu Berkshire setiap tahun, mengapa Buffett tidak memberikan dividen kepada pemegang sahamnya sendiri? Pada Agustus 2019, Berkshire memiliki lebih dari US$ 120 miliar dalam bentuk tunai untuk diinvestasikan. Anda akan berpikir itu tindakan logis untuk membayar sebagian kepada investor setianya.

Baca Juga: Tak punya dana pensiun? Warren Buffett punya tips jitu untuk simpanan hari tua



Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×