kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.011,21   -3,65   -0.36%
  • EMAS963.000 0,94%
  • RD.SAHAM -0.06%
  • RD.CAMPURAN -0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.32%

Warren Buffett sebut 5 kualitas yang harus diperhatian agar sukses berinvestasi


Jumat, 27 November 2020 / 09:52 WIB
Warren Buffett sebut 5 kualitas yang harus diperhatian agar sukses berinvestasi
ILUSTRASI. Warren Buffett sebut 5 kualitas yang harus diperhatian agar sukses berinvestasi.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - Warren Buffett adalah salah satu investor terbesar sepanjang masa. Rekam jejak kinerjanya tidak hanya mengesankan, tetapi juga sangat konsisten. 

Selain itu, Buffett memiliki strategi yang relatif mudah dipahami yaitu investasi jangka panjang telah membantu membangun banyak investor ritel.

Kita semua ingin meniru strategi Buffett. Ini berarti menemukan bisnis berkualitas tinggi dan membelinya untuk jangka panjang. Tetapi bagaimana kita dapat menemukan investasi ini? Apa yang harus kita cari di perusahaan?

Investor hampir selalu memulai dengan melihat harga, tetapi bahkan sebelum kita melihat berapa banyak perusahaan diperdagangkan, kita harus melihat apakah itu layak untuk investasi.

Baca Juga: Kisah Jack Ma, berkali-kali gagal hingga sukses dirikan Alibaba

Mengambil pendekatan ini dan meneliti perusahaan terlebih dahulu juga akan memberi Anda gambaran yang baik tentang potensi dan nilainya sebelum Anda melihat harga untuk perbandingan.

Mengutip The Motley Fool, berikut adalah lima hal utama yang dicari Warren Buffett untuk membantu mengidentifikasi investasi berkualitas tinggi.

1. Bisnis yang mudah dipahami

Warren Buffett berulang kali mengatakan bahwa agar dia dapat melakukan investasi di sebuah perusahaan, dia perlu memahami sepenuhnya bagaimana bisnis itu menghasilkan uang. 

Lagi pula, jika Anda bahkan tidak sepenuhnya memahami bagaimana bisnis tertentu menghasilkan uang, bagaimana Anda dapat mengetahui secara memadai apakah itu investasi yang baik atau risiko apa yang harus dipertimbangkan.

Memiliki bisnis yang mudah dipahami sangat penting bagi Buffett sehingga dia akan meninggalkan bahkan saham terbaik di pasar jika dia tidak dapat memahami operasinya dengan baik.

Baca Juga: Terungkap! 10 Rahasia yang bikin Warren Buffett menjadi miliarder

2. Mencari perusahaan dengan rekam jejak yang panjang

Setelah Warren Buffett mengonfirmasi bahwa dia memahami sebuah bisnis, hal berikutnya yang ingin dia cari adalah rekam jejak perusahaan.

Memiliki sejarah yang panjang itu penting. Ini menunjukkan bahwa ada permintaan jangka panjang untuk produk atau layanan perusahaan.

Ini juga penting untuk memprediksi bagaimana perusahaan akan terus tumbuh di masa depan. Dan semakin banyak data masa lalu yang Anda miliki tentang pertumbuhan perusahaan, semakin baik gagasan yang dapat Anda miliki tentang potensinya di masa depan.




TERBARU
Sukses Berkomunikasi dengan Berbagai Gaya Kepribadian Managing Procurement Economies of Scale Batch 7

[X]
×