kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Warren Buffett Tak Menyukai Kartu Kredit, Ini Alasannya


Kamis, 12 Januari 2023 / 09:15 WIB
Warren Buffett Tak Menyukai Kartu Kredit, Ini Alasannya
ILUSTRASI. Investor miliarder Warren Buffett telah menyatakan ketidaksukaannya terhadap kartu kredit beberapa kali. REUTERS/Scott Morgan


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Jutaan orang di dunia menggunakan kartu kredit untuk membayar pembelian belanjaannya. Namun terlepas dari popularitasnya, kartu kredit bisa berbahaya jika digunakan secara tidak benar.

Melansir The Motley Fool, investor miliarder Warren Buffett telah menyatakan ketidaksukaannya terhadap kartu kredit beberapa kali. Bahkan Warren Buffett mengatakan, dia membayar 98% dari pembeliannya sendiri dengan uang tunai. 

Inilah yang dikatakan Warren Buffett tentang kartu kredit, dan alasan di balik sikapnya tersebut. 

Warren Buffett bukanlah penggemar berat kartu kredit

Pada rapat pemegang saham Berkshire Hathaway 2020, Warren Buffett mengatakan bahwa seorang teman yang baru-baru ini mendapatkan uang besar meminta nasihatnya. Dan alih-alih menasihatinya tentang ide investasi, Warren Buffett menyarankannya untuk menggunakannya untuk melunasi hutang kartu kreditnya, yang memiliki tingkat bunga rata-rata sekitar 18%.

Apa alasannya? "Ini akan menjadi jauh lebih baik daripada ide investasi yang saya miliki."

Baca Juga: Warren Buffett: Kebahagiaan dalam Hidup Berasal dari 4 Kata Sederhana Ini

Pikirkan seperti ini: Pasar saham secara keseluruhan secara historis menghasilkan pengembalian tahunan sebesar 9% hingga 10%, tergantung pada periode waktu multi-dekade yang tepat. Bahkan investor terbaik secara konsisten menghasilkan pengembalian dalam kisaran 12% hingga 15%. 

Jadi, bahkan jika investasi Anda berjalan sangat baik, dengan berutang uang sebesar 18% (atau lebih), Anda menyiapkan diri Anda untuk merugi dalam jangka panjang.

Selain itu, banyak orang menggunakan kartu kredit dengan agak impulsif. Faktanya, survei tahun 2018 menemukan bahwa sekitar seperempat orang dengan hutang kartu kredit menghabiskan lebih dari yang mereka mampu untuk membeli yang tidak perlu. 

"Jika Anda membeli barang-barang yang tidak Anda butuhkan, Anda akan segera harus menjual barang-barang yang Anda butuhkan," kata Warren Buffett.

Baca Juga: Tips Warren Buffett: Tipe-tipe Perusahaan yang Bisa Dilirik Saat Inflasi Tinggi

Meskipun Warren Buffett pasti telah membuat beberapa poin hebat tentang kartu kredit, ada cara yang benar dan cara yang salah dalam menggunakan kartu kredit. Dan jika Anda memiliki pengetahuan dan disiplin untuk menggunakannya dengan benar, dan hanya membeli barang-barang yang akan Anda beli, kartu kredit bisa menjadi alat keuangan yang sangat baik. 

Mengutip CNBC, Warren Buffett bilang, bunga dapat bertambah dengan cepat jika Anda memiliki saldo kredit. Itulah sebabnya semakin cepat Anda dapat membayar hutang, semakin baik. 




TERBARU

[X]
×