Warren Buffett Ungkap 4 Hal yang Harus Anda Lakukan untuk Menjadi Super Sukses

Jumat, 26 Agustus 2022 | 00:05 WIB Sumber: Inc.
Warren Buffett Ungkap 4 Hal yang  Harus Anda Lakukan untuk Menjadi Super Sukses

ILUSTRASI. Warren Buffett Ungkap 4 Hal yang Harus Anda Lakukan untuk Menjadi Super Sukses


KONTAN.CO.ID - CEO Berkshire Hathaway,  Warren Buffett telah memantapkan posisinya sebagai investor terbesar sepanjang masa.

Jika Anda seorang pelajar, penggemar, atau pengikut Warren Buffett, Anda juga tahu bahwa banyak dari kiat suksesnya jauh melampaui investasi dan bertujuan membantu Anda menjalani kehidupan yang lebih sukses.

Berikut adalah empat yang benar-benar menonjol:

1. Katakan tidak pada hampir semua hal

Mega-mogul pernah berkata, "Perbedaan antara orang sukses dan orang yang benar-benar sukses adalah bahwa orang yang benar-benar sukses mengatakan tidak untuk hampir semua hal."

Itu perintah yang tinggi. Kebanyakan orang ambisius didorong oleh hasil dan melakukan lebih banyak, bukan lebih sedikit.

Baca Juga: Selain Apple, Ini Saham yang Beri Keuntungan Berlipat Ganda untuk Warren Buffett

Tetapi dari sudut pandang swadaya/perawatan diri, jika Anda merasa terlalu banyak mengambil dan Anda telah dicap sebagai "gila kerja", saran "tidak" dari Warren Buffett seharusnya tepat sasaran.

Nasihat dalam praktik ini mungkin berarti tidak mengatakan banyak hal pada hal-hal yang tidak bermanfaat bagi Anda dan mengatakan ya pada beberapa hal yang benar-benar penting untuk memajukan misi pribadi Anda dalam hidup.

2. Hadapi ketakutan Anda

Warren Buffett tidak asing dengan rasa takut. Bahkan, dia pernah sangat takut berbicara di depan umum.

Begitulah, sampai dia mengambil kursus Dale Carnegie untuk meningkatkan keterampilan bisnis yang sangat penting ini. Sejak mengatasi rasa takutnya untuk berbicara, dia menjadi salah satu pembicara yang paling sering dikutip di dunia.

Baca Juga: Wasiat Warren Buffett Soal Kepemilikan Sahamnya di Berkshire Jika Dia Meninggal Dunia

Sekarang Warren Buffett memberi para pengikutnya pelajaran tak ternilai tentang keberanian, yang dinyatakan dalam empat kata yang kuat: Hadapi ketakutan Anda.

Warren Buffett menyarankan tua dan muda untuk tidak membiarkan rasa takut membatasi mereka dalam mencapai hal-hal yang perlu mereka lakukan untuk menjadi sukses.

3. Mainkan permainan panjang

Salah satu tip terbaiknya adalah bersandar pada keyakinan bahwa hal-hal baik akan terjadi pada mereka yang menunggu. Dengan kata-katanya sendiri, Warren Buffett berkata:

Tidak peduli seberapa besar bakat atau upaya, beberapa hal hanya membutuhkan waktu. Anda tidak dapat menghasilkan bayi dalam satu bulan dengan membuat sembilan wanita hamil.

Baca Juga: Warren Buffett: Kualitas Terpenting Bagi Investor adalah Tempramen, Bukan Kecerdasan

Biasanya, orang-orang yang sangat ingin membuat pilihan impulsif dan tergesa-gesa juga merupakan orang-orang yang berfokus pada keuntungan jangka pendek dan kepuasan instan. Ini adalah kebalikan dari cara Warren Buffett.

Warren Buffettsangat percaya pada pelajaran penting dari memperlambat dan berpikir jangka panjang. Pada akhirnya, kesuksesan sejati datang dari fokus pada tindakan sehari-hari yang stabil, kecil, dan konsisten yang membuka jalan menuju hasil jangka panjang.

Dan senjata terbaik Anda dalam upaya itu adalah kesabaran dan disiplin.

4. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang lebih sukses dari Anda

Warren Buffett telah berulang kali menyebutkan pentingnya bimbingan dalam pengembangan karier seseorang, termasuk kariernya sendiri.

Di luar itu, Warren Buffett selalu menyarankan bahwa kesuksesan bergantung pada mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang tepat. Dia berkata: "Pilih rekan yang perilakunya lebih baik dari Anda dan Anda akan hanyut ke arah itu."

Baca Juga: Warren Buffett Punya Nasihat Jitu untuk Mereka yang Belum Berani Investasi

Ini adalah pelajaran hidup yang baik tentang mengadaptasi sifat-sifat orang sukses lebih jauh dari Anda. Karena ketika Anda melakukannya, Anda menumbuhkan pengaruh dan jaringan Anda.

Seperti kata pepatah terkenal, kita adalah rata-rata dari lima orang yang paling banyak menghabiskan waktu bersama. Pastikan untuk bergaul dengan mereka yang berpotensi membantu Anda mempelajari hal-hal baru, tumbuh, dan memajukan karier Anda.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru