Waspada! Ahli ini sebut varian Delta bisa menular hanya dengan berpapasan 5-10 detik

Sabtu, 26 Juni 2021 | 13:41 WIB Sumber: Kompas.com
Waspada! Ahli ini sebut varian Delta bisa menular hanya dengan berpapasan 5-10 detik

ILUSTRASI. Varian Delta 40% lebih menular dibanding varian Alpha. Satu orang yang terinfeksi varian Delta bisa menularkan virus yang sama ke 7-8 orang lainnya. REUTERS/Dado Ruvic.


KONTAN.CO.ID - Para ahli mengkhawatirkan penularan virus corona varian Delta yang makin "pintar". 

Varian Delta 40% lebih menular dibanding varian Alpha. Satu orang yang terinfeksi varian Delta bisa menularkan virus yang sama ke 7-8 orang lainnya. 

ABC melaporkan pada 22 Juni 2021, rekaman CCTV menangkap dua orang yang sedang berbelanja di shopping center Westfield Bondi Junction Australia berpapasan dan keduanya sekarang terinfeksi Covid-19. 

Itu adalah pertemuan sekilas yang mengerikan antara dua orang yang membuat otoritas kesehatan di Negara Bagian New South Wales (NSW) khawatir, karena penularan dicurigai hanya terjadi dengan berpapasan.

Tertular meski minim kontak 

Chief Health Officer Negara Bagian NSW Dr Kerry Chant mencurigai dua orang lainnya terinfeksi Covid-19 dengan cara yang sama. "Kami tahu ada tiga orang yang terpapar pada 12 Juni dan 13 Juni," katanya. 

Baca Juga: Hasil uji coba paling baru: Vaksin Sinovac efektif lawan varian Delta

Dia mengatakan, pihaknya benar-benar memiliki rekaman CCTV dari pertemuan itu dan pada dasarnya adalah persilangan individu. 

Mereka jelas saling berhadapan tetapi secara harfiah seseorang bergerak melintasi satu sama lain untuk sesaat, dekat, tetapi sesaat. 

"Dalam dua kasus lain, kami belum dapat, dengan rekaman CCTV, melihat titik persimpangan yang sama persis, tetapi kami tahu mereka berjarak 20 meter, masuk di tempat yang berbeda pada waktu yang sama atau di area itu. Jadi kami menduga mereka memang menyeberang," ungkap Dr Chant. 

Perdana Menteri NSW Gladys Berejiklian menambahkan, pertemuan itu "sangat singkat". Secara harfiah orang-orang itu tidak secara fisik saling menyentuh.

Tetapi, dengan cepat datang ke wilayah udara yang sama dan virus berpindah dari satu orang ke orang lain. "Begitulah menularnya," ujar dia.

Baca Juga: WHO: Delta yang paling menular dari varian yang diidentifikasi sejauh ini

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru