kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45974,33   -17,61   -1.78%
  • EMAS991.000 0,71%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

WHO akhirnya umumkan status bebas polio untuk benua Afrika


Selasa, 25 Agustus 2020 / 13:49 WIB
WHO akhirnya umumkan status bebas polio untuk benua Afrika
ILUSTRASI. Seorang anak sedang menerima vaksin polio di wilayah Maiduguri, Borno, Nigeria, 26 Agustus 2016.


Sumber: AFP,Channel News Asia | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - LAGOS. Badan kesehatan dunia (WHO) hari ini, Selasa (25/8), akan memberikan sertifikasi bebas polio kepada benua Afrika. Kasus polio terakhir di benua ini tercatat muncul di timur laut Nigeria sekitar empat tahun yang lalu.

"Berkat upaya tanpa henti dari pemerintah, donor, petugas kesehatan yang ada di garis depan, dan berbagai komunitas, hingga 1,8 juta anak telah diselamatkan dari kelumpuhan seumur hidup," ungkap WHO seperti dikutip dari Channel News Asia.

Pengumuman resmi akan dilakukan pada pukul 3 sore GMT melalui video conference oleh direktur jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. Sejumlah filantropi seperti Bill Gates juga akan hadir dalam pengumuman ini.

"Kami telah malakukan maraton ini selama lebih dari 30 tahun. Ini merupakan pencapaian yang nyata, saya merasakan kegembiraan dan kelegaan di saat yang bersamaan," ungkap Tunji Funsho, dokter asal Nigeria sekaligus koordinator anti-polio lokal untuk Rotary International, seperti dikutip dari Channel News Asia.

Baca Juga: Infeksi dekati 24 juta, ini 10 negara dengan kasus corona tertinggi

Poliomyelitis, atau Polio, adalah penyakit sangat menuliar yang menyerang sumsum tulang belakang dan menyebabkan kelumpuhan permanen pada anak-anak.

Penyakit ini menjadi endemik di berbagai belahan dunia sampai vaksinnya ditemukan pada tahun 1950-an. Walaupun begitu, akses menuju vaksin masih cukup sulit dicapai oleh beberapa negara miskin di Asia dan Afrika.

Hingga tahun 1988, WHO mencatat ada 350.000 kasus polio secara global. Pada tahun 1996, WHO mengumumkan benua Afrika sendiri sudah menyumbang 70.000 kasus.

Upaya kolektif berskala global dan dukungan finansial yang besar, sekitar $19 miliar selama 30 tahun, jumlah penderita polio terus berkurang. AFP melaporkan tahun ini hanya Afghanistan dan Pakistan saja yang masih mencatat kasus polio dengan total 87 kasus.

Baca Juga: 10 Negara tertua di dunia, salah satunya juga merupakan negara terkecil




TERBARU

[X]
×