kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

WHO: Melonjaknya Kasus Omicron Bisa Sebabkan Varian Covid-19 yang Lebih Berbahaya


Kamis, 06 Januari 2022 / 11:25 WIB
WHO: Melonjaknya Kasus Omicron Bisa Sebabkan Varian Covid-19 yang Lebih Berbahaya
ILUSTRASI. WHO di Eropa memperingatkan pada Selasa (4/1/2022), melonjaknya kasus Omicron di seluruh dunia dapat meningkatkan risiko munculnya varian baru yang lebih berbahaya.


Sumber: The Straits Times | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JENEWA. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Eropa memperingatkan pada Selasa (4/1/2022), melonjaknya kasus Omicron di seluruh dunia dapat meningkatkan risiko munculnya varian baru yang lebih berbahaya.

Mengutip Straits Times yang melansir AFP, saat varian Omicron menyebar seperti api di seluruh dunia, banyak pihak yang menilai varian ini jauh lebih ringan daripada yang ditakuti pada awalnya. Hal ini telah meningkatkan harapan bahwa pandemi dapat diatasi dan kehidupan kembali normal.

Tetapi petugas darurat senior WHO Catherine Smallwood mengeluarkan nada peringatan yang tidak menyenangkan. Dia mengatakan kepada AFP bahwa tingkat infeksi yang melonjak dapat memiliki efek sebaliknya.

"Semakin banyak Omicron menyebar, semakin menyebar dan semakin banyak mereplikasi, semakin besar kemungkinan untuk mengeluarkan varian baru. Sekarang, Omicron dapat menyebabkan kematian... mungkin sedikit lebih lemah daripada Delta, tapi siapa yang tahu varian berikutnya yang akan muncul," kata Dr Smallwood dalam sebuah wawancara.

Baca Juga: Apa Itu Vaksin Booster? Ini Alasan Butuh Vaksin Booster dan Kriteria Penerimanya

Eropa telah mencatat lebih dari 100 juta kasus Covid-19 sejak awal pandemi, dan lebih dari lima juta kasus baru pada minggu terakhir tahun 2021. "Angka ini hampir mengecilkan apa yang telah kita lihat di masa lalu," kata Dr Smallwood.

Dia menambahkan, "Kita berada dalam fase yang sangat berbahaya. Kami melihat tingkat infeksi meningkat sangat signifikan di Eropa Barat, dan dampak penuhnya belum jelas," katanya.

Dr Smallwood juga mencatat bahwa sementara pada tingkat individu, mungkin ada penurunan risiko rawat inap dengan varian Omicron dibandingkan dengan Delta. Akan tetapi, secara keseluruhan, Omicron dapat menimbulkan ancaman yang lebih besar karena banyaknya kasus.

Baca Juga: Ini Gejala Omicron Berdasarkan Tingkat Keparahannya, Mulai yang Umum hingga Serius

"Ketika Anda melihat kasus meningkat secara signifikan, itu kemungkinan akan menghasilkan lebih banyak orang dengan penyakit parah, berakhir di rumah sakit dan mungkin akan meninggal," katanya.

Inggris pada hari Selasa mendapatkan peringatan terkait krisis rumah sakit yang akan datang karena kekurangan staf yang disebabkan oleh gelombang infeksi Omicron, ketika beban kasus Covid-19 harian negara itu menembus 200.000 untuk pertama kalinya.

Dr Smallwood mengatakan, dia juga memprediksi skenario itu akan berlaku di negara-negara Eropa lainnya.

"Bahkan dalam sistem kesehatan yang canggih dan berkapasitas baik, ada perjuangan nyata yang terjadi saat ini, dan kemungkinan ini akan terjadi di seluruh wilayah saat Omicron mendorong kasus ke atas," tambahnya.




TERBARU

[X]
×