kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

WHO: Risiko penyebaran Covid-19 selama Olimpiade tidak bisa dihindari


Rabu, 21 Juli 2021 / 13:37 WIB
WHO: Risiko penyebaran Covid-19 selama Olimpiade tidak bisa dihindari
ILUSTRASI. Bola basket siap digunakan di lapangan basket 3x3 untuk Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo, Jepang, Sabtu (17/7/2021).


Sumber: AP | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akhirnya turun tangan mengawasi pelaksanaan Olimpiade Tokyo 2021 di tengah pandemi Covid-19. Terlebih lagi setelah kasus Covid-19 akhirnya muncul di sekitar wisma atlet.

Pemimpin WHO terus mengingatkan bahwa risiko penyebaran Covid-19 di Jepang kini tak bisa dihindari lagi, terlepas dari segala aturan yang ada.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan pada pertemuan Komite Olimpiade Internasional bahwa bagaimana infeksi ditangani adalah yang paling penting.

"Tanda keberhasilan adalah memastikan bahwa setiap kasus diidentifikasi, diisolasi, dilacak dan dirawat secepat mungkin dan penularan selanjutnya terputus," ungkapnya, seperti dikutip AP.

Baca Juga: Tak ada kemegahan di upacara pembukaan Olimpiade Jepang pada Jumat (23/7) mendatang

Kyodo melaporkan bahwa Tedros berencana mengunjungi Jepang selama Olimpiade Tokyo. Jika terealisasi, ia akan membahas langkah-langkah anti-Covid-19 dengan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga.

Pemerintah juga sedang mempertimbangkan untuk mengatur pembicaraan antara Tedros dan Menteri Luar Negeri Toshimitsu Motegi pada hari Jumat (23/7) ketika Olimpiade dimulai.

Olimpiade Tokyo di tengah pandemi terus menuai kritik

Laporan terbaru pada hari Rabu (21/7) menunjukkan adanya 79 kasus Covid-19 yang terkait dengan Olimpiade dalam satu bulan terakhir. Sebagian besar kasus positif Covid-19 dialami oleh atlet internasional, memaksa mereka harus menjalani karantina.

Rekan-rekan mereka yang sempat melakukan kontak dekat masih diizinkan melanjutkan pelatihan dan mempersiapkan acara di bawah aturan isolasi dan pemantauan ekstra.

Baca Juga: Olimpiade Tokyo memulai pertandingan di tengah kekhawatiran COVID-19




TERBARU

[X]
×