kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.011,21   -3,65   -0.36%
  • EMAS963.000 0,94%
  • RD.SAHAM -0.06%
  • RD.CAMPURAN -0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.32%

Wow, orang kaya China memburu minuman alkohol Moutai sebagai instrumen investasi


Rabu, 25 November 2020 / 15:01 WIB
Wow, orang kaya China memburu minuman alkohol Moutai sebagai instrumen investasi
ILUSTRASI. Bendera China


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Saat pemulihan ekonomi China terhadap pandemi, masyarakat tajir kembali mencatatkan pembelian barang mewah. Uniknya, ada kebiasaan baru selain membeli tas dan jam mewah.

Kini konsumen tajir China ikut memburu minuman keras domestik bernama Moutai untuk dikoleksi sebagai salah satu bentuk investasi. Hal ini terbukti dari permintaan miras Moutai yang terus meningkat.

Mengutip Reuters pada Rabu (25/11), Kweichow Moutai telah mengontrol secara ketat pasokan minumannya dengan harga eceran mulai sekitar 1.500 yuan per botol. 

Sebenarnya, Moutai merupakan minuman pilihan bagi kalangan elit pemerintah dan pebisnis China selam bertahun-tahun.

Naiknya pamor minuman keras ini, telah mengantarkan Kweichow Moutai sebagai perusahaan publik paling berharga saat ini. Lantaran nilai pasar perusahaan itu lebih dari US$ 300 miliar saat ini.

Baca Juga: Jelang batas kenaikan tarif, investor asing buang saham-saham perusahaan China

Minuman yang menjadi pilihan investasi selama ketidak pastian pandemi membuat Moutai telah diburu di berbagai lokasi. Bagi sebagian konsumen dan kolektor, minuman beralkohol tinggi selalu sulit untuk diminum.

Kenaikan harga hanya menambah keengganan mereka untuk melakukannya. Bahkan, permintaan Moutai telah mencapai rekor tertinggi menurut para analis.

"Akhir-akhir ini perekonomian secara keseluruhan buruk, apapun yang berpotensi untuk meningkatkan nilai investasi sedang populer. Anggur dan minuman beralkohol internasional yang berkualitas telah lama menjadi sasaran bagi orang China yang lebih kaya,” kata analis industri minuman keras independen Cai Xuefei.

Menurutnya, Moutai tidak hanya untuk minum, juga sebagai alat sosial dan indikator identitas. Sebab, orang percaya Moutai yang lebih tua akan lebih berharga. 

Kendati demikian, ia menilai ada sedikit risiko bila menimbun minuman keras ini.

Pilihan investasi yang tersedia untuk masyarakat China saat ini terbilang terbatas. Lantaran adanya kontrol ketat pada transfer uang keluar. Penilaian atas alternatif seperti properti atau pasar saham telah dibatasi oleh kontrol pemerintah.

"Fitur keuangan Moutai sebagai investasi menjadi jelas bagi banyak orang selama pandemi. Selain itu, harga Moutai tua naik secara stabil dan sekarang berada di titik tertinggi dalam sejarah," kata analis independen yang berbasis di Guangzhou, Zhu Danpeng.

Baca Juga: Bursa China cetak rekor tertinggi selama 7 tahun

Moutai juga membuat edisi khusus, botol warna-warni, seperti rangkaian zodiak tahunan China. Bahkan juga ada botol peringatan yang dinamai bintang film laga Hong Kong seperti Jackie Chan yang diluncurkan pada 2012.

Sebenarnya perusahaan kehilangan sebagian dari kejayaannya selama gerakan anti-korupsi profil tinggi yang diluncurkan oleh Presiden Xi Jinping. Kebijakan pada 2012 itu telah mengekang pengeluaran hiburan mewah oleh bisnis dan pejabat pemerintah.

Tetapi Moutai bangkit kembali setelah pembersihan internal yang membuat beberapa eksekutif puncak ditangkap dan perombakan jaringan distribusinya.

Selanjutnya: Peminat Investasi Lukisan hingga Berlian Turun

 




TERBARU
Sukses Berkomunikasi dengan Berbagai Gaya Kepribadian Managing Procurement Economies of Scale Batch 7

[X]
×