kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Xi Jinping batuk-batuk, begini reaksi dunia


Jumat, 16 Oktober 2020 / 08:52 WIB
Xi Jinping batuk-batuk, begini reaksi dunia
ILUSTRASI. Presiden Xi Jinping dilanda batuk hebat saat akan menyelesaikan pidatonya di menit-menit terakhir. REUTERS/Thomas Peter


Sumber: Newsweek,CNN | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Newsweek memberitakan, Presiden Xi Jinping dilanda batuk hebat saat akan menyelesaikan pidatonya di menit-menit terakhir pada hari Rabu (14/10/2020). 

Rekaman video menunjukkan, bagaimana Xi duduk di atas panggung bersama pejabat pemerintah lainnya termasuk Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam, yang semuanya mengenakan masker pada acara peringatan di Shenzhen di Provinsi Guangdong, China selatan.

Kejadian itu memicu spekulasi tentang kesehatan Xi. Melansir CNN, para kritikus Beijing dengan cepat memanfaatkan peluang itu. Dalam sebuah cerita dengan judul "Xi Jinping batuk-batuk di acara Shenzhen," Apple Daily - sebuah surat kabar anti-China, surat kabar pro-demokrasi di Hong Kong - melaporkan hal itu di paruh kedua dari pidato 50 menit Xi " dia sering berhenti untuk minum air dan batuk berulang kali. "

"Setiap kali Xi berhenti, siaran langsung dari CCTV penyiar negara bagian akan mengarahkan kamera ke tamu yang duduk di luar meja utama, tapi masih bisa menangkap suara batuk dan minuman Xi," kata surat kabar itu.

Baca Juga: Gara-gara corona, Trump: Saya tidak ingin berbicara dengan Xi Jinping

Epoch Times, outlet media yang terkait dengan kelompok agama Falun Gong, yang telah lama ditindas di Tiongkok dan merupakan salah satu kritikus terbesar Beijing di luar negeri, mengambil langkah lebih jauh dari spekulasi, dengan video berjudul "Xi Jinping di Shenzhen: apakah dia terinfeksi?" 

Beberapa media Taiwan juga mencatat "batuk hebat" Presiden.

Tentu saja, ada banyak alasan mengapa Xi batuk-batuk. Tenggorokannya mungkin telah kering karena dia berbicara selama hampir satu jam, dan gedung-gedung publik China selalu memiliki AC dingin. 

Baca Juga: Donald Trump kurang dipercaya di negara-negara maju dibanding Xi Jinping

Penting juga untuk dicatat bahwa China telah melaporkan kurang dari 100 kasus virus corona di seluruh negeri dalam seminggu terakhir. Ini membuat peluang Xi untuk terinfeksi oleh pandemi sangat kecil.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×