kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Xi Jinping bersumpah menyatukan kembali China dengan Taiwan secara damai


Sabtu, 09 Oktober 2021 / 16:53 WIB
Xi Jinping bersumpah menyatukan kembali China dengan Taiwan secara damai
ILUSTRASI. Presiden China Xi Jinping melambaikan tangan di samping Perdana Menteri Li Keqiang dan mantan presiden Hu Jintao pada akhir acara peringatan 100 tahun pendirian Partai Komunis China, di Lapangan Tiananmen di Beijing, China, Kamis (1/7/2021).


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Presiden China Xi Jinping pada hari Sabtu berjanji untuk mewujudkan penyatuan kembali secara damai dengan Taiwan. Kendati Xi tidak secara langsung menyebutkan penggunaan, setelah seminggu ketegangan dengan pulau yang diklaim China itu, memicu kekhawatiran internasional.

Berbicara di Balai Besar Rakyat Beijing, Xi mengatakan orang-orang China memiliki tradisi mulia dalam menentang separatisme.

"Separatisme kemerdekaan Taiwan adalah hambatan terbesar untuk mencapai penyatuan kembali tanah air, dan bahaya tersembunyi paling serius bagi peremajaan nasional," katanya pada peringatan revolusi yang menggulingkan dinasti kekaisaran terakhir pada tahun 1911 seperti dilansir Reuters, Sabtu (9/10).

Xi menuturkan reunifikasi yang damai paling sesuai dengan kepentingan keseluruhan rakyat Taiwan, tetapi ia juga menegaskan bahwa China akan melindungi kedaulatan dan persatuan negeri China.

Baca Juga: Pasukan khusus AS latih militer Taiwan secara rahasia, ini ancaman China

"Tidak ada yang boleh meremehkan tekad teguh, kemauan keras, dan kemampuan kuat rakyat China untuk mempertahankan kedaulatan nasional dan integritas teritorial," kata Xi. Menurut Xi, penyatuan kembali dengan Taiwan adalah tugas sejarah yang harus dipenuhi. "Dan pasti akan dipenuhi," ucapnya.

Xi menyerukan penyatuan dengan Taiwan sedikit lebih lembut daripada pada bulan Juli lalu, pidato terakhirnya yang menyebutkan Taiwan, di mana Xi bersumpah untuk menghancurkan setiap upaya kemerdekaan formal. Pada 2019, ia secara langsung mengancam akan menggunakan kekuatan untuk membawa pulau itu di bawah kendali Beijing.

Namun, pidato itu direspons negatif di Taiwan. Kantor kepresidenan Taiwan mengatakan mereka adalah negara merdeka yang berdaulat, bukan bagian dari Republik Rakyat China, dan dengan jelas menolak tawaran China untuk satu negara, dua sistem untuk memerintah pulau itu.

"Masa depan bangsa ada di tangan rakyat Taiwan," kata kantor itu.

Baca Juga: Pecah Perang Dunia III antara China-Taiwan sangat mungkin terjadi

Dalam pernyataan terpisah, Dewan Urusan Daratan Taiwan yang membuat kebijakan China meminta Beijing untuk meninggalkan langkah-langkah intrusi, pelecehan, dan penghancurannya yang provokatif dan kembali ke pembicaraan.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×