kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45992,69   1,09   0.11%
  • EMAS1.132.000 -0,26%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Xi Jinping Dikabarkan Tak Akan Hadiri KTT G20 di India


Jumat, 01 September 2023 / 07:09 WIB
Xi Jinping Dikabarkan Tak Akan Hadiri KTT G20 di India
ILUSTRASI. Presiden China Xi Jinping kemungkinan akan melewatkan pertemuan puncak para pemimpin G20 di India minggu depan. Xinhua / Yan Yan


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW DELHI/BEIJING. Seorang sumber membisikkan kepada Reuters, Presiden China Xi Jinping kemungkinan akan melewatkan pertemuan puncak para pemimpin G20 di India minggu depan. Ini merupakan sebuah perkembangan yang akan menghilangkan peluang pertemuan dengan Presiden AS Joe Biden.

Melansir Reuters, menurut beberapa analis, absennya Xi juga bisa menjadi pukulan bagi tuan rumah India, yang melihatnya sebagai sinyal bahwa China enggan memberikan pengaruh kepada negara tetangganya di wilayah selatan, yang merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di tengah perlambatan perekonomian China.

Dua pejabat India, satu diplomat yang berbasis di China dan satu pejabat yang bekerja untuk pemerintah negara G20 lainnya mengatakan Perdana Menteri Li Qiang diperkirakan akan mewakili Beijing pada pertemuan 9-10 September di New Delhi.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri India dan China tidak menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

Menurut laporan dari Kyodo, Li juga kemungkinan akan menghadiri pertemuan puncak para pemimpin Asia Timur dan Tenggara di Jakarta, Indonesia pada 5-7 September.

Baca Juga: Vladimir Putin Telepon Narendra Modi, Ini Isi Pembicaraannya

KTT di India dipandang sebagai tempat kemungkinan pertemuan antara Xi dan Biden, yang telah mengonfirmasi kehadirannya, ketika kedua negara adidaya berupaya menstabilkan hubungan yang memburuk akibat ketegangan perdagangan dan geopolitik.

Xi terakhir kali bertemu Biden di sela-sela KTT G20 di Bali, Indonesia pada November lalu.

“Saya berharap dia hadir,” kata Biden kepada wartawan pada Kamis di Washington.

Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengatakan dia tidak akan melakukan perjalanan ke New Delhi dan sebagai gantinya akan mengirim Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov.

Seorang pejabat senior pemerintah dari India mengatakan kepada Reuters bahwa pihaknya menyadari bahwa perdana menteri China yang akan hadir menggantikan Xi.

Baca Juga: Pembukaan G20 TIMM, Mendag Zulkifli Hasan: G20 Harus Hasilkan Aksi Nyata

Di China, dua diplomat asing dan seorang pejabat pemerintah dari negara G20 lainnya mengatakan Xi kemungkinan besar tidak akan melakukan perjalanan untuk menghadiri pertemuan puncak tersebut.

Dua dari tiga sumber di China mengatakan bahwa mereka diberitahu oleh pejabat China, namun mereka tidak mengetahui alasan ketidakhadiran Xi.

Semua pejabat berbicara dengan syarat anonim karena mereka tidak berwenang berbicara kepada media.




TERBARU

[X]
×