kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Xi Jinping Ingin Rebut Taiwan Lebih Cepat dari yang Diperkirakan Sebelumnya


Rabu, 19 Oktober 2022 / 06:46 WIB
Xi Jinping Ingin Rebut Taiwan Lebih Cepat dari yang Diperkirakan Sebelumnya
ILUSTRASI. Menlu AS Antony Blinken memperingatkan, Presiden China Xi Jinping ingin merebut Taiwan pada waktu yang jauh lebih cepat daripada yang diperkirakan sebelumnya. REUTERS/Florence Lo


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Antony Blinken, Menteri Luar Negeri AS memperingatkan, Presiden China Xi Jinping ingin merebut Taiwan pada waktu yang jauh lebih cepat daripada yang diperkirakan sebelumnya.

"Kami telah melihat China yang sangat berbeda muncul dalam beberapa tahun terakhir di bawah kepemimpinan Xi Jinping," kata Blinken dalam sebuah forum di Universitas Stanford.

Dia menambahkan, China telah menjadi lebih represif di dalam negeri dan lebih agresif di luar negeri.

Mengutip The Telegraph, Blinken menuduh Xi Jinping menciptakan ketegangan yang luar biasa dengan mengubah pendekatan terhadap Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri, yang tidak pernah dikendalikan oleh Partai Komunis China tetapi diklaim sebagai miliknya.

Dia mengatakan, China telah membuat keputusan mendasar bahwa status quo tidak lagi dapat diterima. Oleh sebabnya, Beijing bertekad untuk mengejar reunifikasi pada garis waktu yang jauh lebih cepat, meskipun dia tidak memberikan perkiraan atau tanggal pasti.

Baca Juga: Sumpah Xi Jinping: Beijing Tak Akan Lepaskan Hak untuk Gunakan Kekuatan atas Taiwan

Selama pidato pembukaannya di kongres partai Komunis yang berlangsung pada hari Minggu, Xi Jinping mengatakan Taiwan adalah inti dari rencananya untuk "peremajaan" China.

Dalam beberapa menit pertama pidatonya, Xi berbicara tentang menjaga martabat dan kepentingan inti China, dan menyatakan bahwa Beijing akan bertindak tegas terhadap separatisme dan kontra-intervensi di Taiwan.

Kemudian, dalam diskusi kelompok dengan delegasi dari provinsi Guangxi selatan Tiongkok pada hari Senin, Xi mengatakan: “Semua orang Tiongkok harus tetap bersatu sebagai ‘sepotong baja keras’ di bawah kepemimpinan Partai Komunis Tiongkok.”

Dia menambahkan, "Penduduk China harus bersatu dengan satu pikiran untuk menggerakkan kapal raksasa peremajaan nasional melalui angin dan ombak untuk mencapai tujuannya."

Baca Juga: Xi Jinping Akan Membuka Kongres Partai Komunis yang Berkuasa




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×