kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,23   -14,59   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Xi Jinping-Joe Biden Bertemu, Panda-Panda Bakal Bertandang Lagi ke AS


Jumat, 17 November 2023 / 12:07 WIB
Xi Jinping-Joe Biden Bertemu, Panda-Panda Bakal Bertandang Lagi ke AS
ILUSTRASI. Presiden China Xi Jinping memberi isyarat bahwa China akan mengirimkan panda-panda baru ke Amerika Serikat.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - SAN FRANCISCO. Presiden China Xi Jinping memberi isyarat bahwa China akan mengirimkan panda-panda baru ke Amerika Serikat. 

Mengutip AP, Xi menyebut mereka sebagai utusan persahabatan antara masyarakat Tiongkok dengan Amerika.

“Kami siap untuk melanjutkan kerja sama kami dengan Amerika Serikat dalam konservasi panda, dan melakukan yang terbaik untuk memenuhi keinginan masyarakat California sehingga dapat memperdalam hubungan persahabatan antara kedua bangsa kita,” kata Xi pada hari Rabu (15/11/2023) saat pidato makan malam dengan para pemimpin bisnis. 

Xi mengeluarkan pernyataan tersebut pada akhir akhir hari pertemuan dengan rekanannya Presiden AS Joe Biden. Ini menjadi pertemuan tatap muka pertama mereka dalam setahun terakhir dan kedua berjanji untuk mencoba mengurangi ketegangan. 

Xi tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai kapan dan di mana panda akan dikirimkan. Namun, tampaknya pasangan panda berikutnya kemungkinan besar akan datang ke California atau San Diego.

Baca Juga: Amerika Segera Ucapkan Selamat Tinggal kepada Panda-Panda China

Panda telah lama menjadi simbol persahabatan AS-China sejak Beijing menghadiahkan sepasang panda ke Kebun Binatang Nasional di Washington pada tahun 1972, menjelang normalisasi hubungan bilateral. 

Belakangan, Beijing meminjamkan panda-panda tersebut ke kebun binatang AS lainnya, dan hasilnya akan digunakan untuk program konservasi panda.

Tiga panda raksasa di Kebun Binatang Nasional, Mei Xiang, Tian Tian dan anaknya Xiao Qi Ji, delapan hari yang lalu memulai perjalanan panjang mereka ke China. 

Setelah kepergian mereka, hanya tersisa empat panda di Amerika Serikat, yakni di Kebun Binatang Atlanta.

“Saya diberitahu bahwa banyak warga Amerika, terutama anak-anak, sangat enggan untuk mengucapkan selamat tinggal kepada panda, dan pergi ke kebun binatang untuk mengantar mereka pergi,” kata Xi dalam pidatonya. 

Xi menambahkan bahwa dia mengetahui bahwa Kebun Binatang San Diego dan masyarakat di California sangat menantikan kedatangan panda kembali.

Xi berada di California untuk menghadiri pertemuan puncak para pemimpin Indo-Pasifik dan pertemuannya dengan Biden. Dia tidak menyebutkan panda dalam pidato publiknya pada hari sebelumnya saat dia bertemu dengan Biden.

Baca Juga: Dunia Menyoroti Pertemuan Dua Sahabat Xi Jinping & Vladimir Putin

Ketika hubungan bilateral mulai memburuk dalam beberapa tahun terakhir, masyarakat China mulai menuntut kembalinya panda raksasa. Tuduhan yang belum terbukti bahwa kebun binatang AS menganiaya panda, yang dikenal sebagai “harta nasional” China, membanjiri media sosial Tiongkok.




TERBARU

[X]
×