kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,39   2,75   0.30%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Xi Jinping Kembali Terpilih untuk Masa Jabatan Ketiga


Minggu, 23 Oktober 2022 / 14:30 WIB
Xi Jinping Kembali Terpilih untuk Masa Jabatan Ketiga
Anggota Komite Tetap Politbiro baru Xi Jinping, Li Qiang, Zhao Leji, Wang Huning, Cai Qi, Ding Xuexiang dan Li Xi bertemu media setelah Kongres Nasional Partai Komunis Tiongkok ke-20, di Aula Besar Rakyat di Beijing, Tiongkok 23 Oktober 2022.


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  BEIJING. Xi Jinping kembali mengamankan masa jabatan kepemimpinan ketiga yang diumumkan pada Minggu.

Xi yang kembali terpilih sebagai pemimpin Partai Komunis China memperkenalkan badan pemerintahan tertinggi baru yang diisi para loyalisnya dan memperkuat posisinya sebagai penguasa paling kuat di negara itu sejak Mao Zedong.

Ketua Partai Komunis Shanghai Li Qiang, 63 tahun, mengikuti Xi ke atas panggung di Aula Besar Rakyat saat Komite Tetap Politbiro yang baru diperkenalkan, menempatkannya dalam barisan untuk menggantikan Li Keqiang sebagai perdana menteri ketika dia pensiun pada bulan Maret 2023.

Anggota lain dari Komite Tetap tujuh orang adalah Zhao Leji dan Wang Huning, yang kembali dari komite sebelumnya, dan pendatang baru Cai Qi, Ding Xuexiang dan Li Xi. Li Qiang juga baru di Komite Tetap.

Baca Juga: Xi Jinping Kian Memperkuat Cengkeramannya Saat Kongres Partai Ditutup

Semua dilihat oleh para analis memiliki kesetiaan dekat kepada Xi, 69 tahun, putra seorang revolusioner Partai Komunis yang telah membawa China ke arah yang lebih otoriter sejak naik ke tampuk kekuasaan pada tahun 2012.

"Ini adalah kepemimpinan yang akan difokuskan untuk mencapai tujuan politik Xi, daripada mengejar agenda mereka sendiri untuk apa yang mereka anggap terbaik bagi negara," kata Drew Thompson, peneliti senior tamu di Universitas Nasional Singapura Lee Kuan Yew. Sekolah Kebijakan Publik. "Hanya ada satu cara yang benar untuk memerintah, dan itu adalah cara Xi."

Pembukaan Komite Tetap dan Politbiro 24 anggota yang lebih besar terjadi sehari setelah penutupan Kongres ke-20 Partai Komunis yang berkuasa, di mana amandemen ditambahkan ke piagam partai yang memperkuat status inti Xi dan peran pemikiran politiknya dalam konstitusi partai.

Baca Juga: Mantan Presiden China Hu Jintao Dikawal Keluar dari Kongres Partai

Susunan Komite Tetap adalah konfirmasi lebih lanjut bahwa cengkeraman Xi pada kekuasaan tidak berkurang oleh peristiwa tahun yang penuh gejolak, termasuk perlambatan ekonomi yang tajam, frustrasi atas kebijakan nol-COVID-nya, dan keterasingan China yang meningkat dari Barat, diperburuk oleh dukungannya untuk terhadap Rusia.

“Dalam hal pembuatan kebijakan, itu berarti bahwa ada kemungkinan lebih menghormati pandangan Xi Jinping sendiri tentang bagaimana menggerakkan negara dan ekonomi ke depan,” kata Alvin Tan, kepala strategi Asia FX di RBC Capital Markets di Singapura.

"Saya dapat membayangkan bahwa kebijakan nol-COVID kemungkinan lebih mengakar, dan akan ada dorongan lebih lanjut pada masalah kemakmuran bersama ini dan sejenisnya," katanya.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×